alexametrics
Sidang Kasus Mercy Maut

Iwan Divonis Setahun Penjara, Kuasa Hukum: Majelis Hakim Objektif

29 Januari 2019, 19:39:20 WIB

JawaPos.com- Terdakwa kasus dugaan pembunuhan, Iwan Adranacus baru saja divonis satu tahun penjara. Masa tahanan ini akan dikurangi dengan penahanan selama terdakwa menjalani persidangan.

Mendapati vonis yang jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kuasa Hukum terdakwa menilai keputusan majelis hakim tersebut sudah objektif. Sebelumnya, Iwan dituntut 5 tahun penjara oleh jaksa.

“Dari pendapat majelis hakim, saya sependapat juga. (Majelis hakim) objektif dalam memberikan putusan hukum,” ungkap koordinator kuasa hukum Iwan, Joko Haryadi kepada JawaPos.com usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Solo, Selasa (29/1).

Joko menilai, dari pertimbangan-pertimbangan yang disampaikan oleh majelis hakim sudah sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan dan fakta persidangan. Sehingga, apa yang dituduhkan oleh JPU dalam pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, tidak terbukti.

Koko menambahkan, apa yang menimpa kliennya tersebut murni kecelakaan. “Dan semua orang bisa mengalaminya, saya sangat menerima putusan tersebut,” ucapnya. Joko juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak keluarga yang sampai saat ini sudah mendukung.

Di tempat yang sama, Iwan Adranacus mengaku menerima vonis hakim. “Sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa saya menyerahkan putusan kepada penegak hukum, saya menghormati putusan hukum,” ucapnya.

Sementara itu, JPU, Satriawan Sulaksono belum bisa menentukan sikap dengan putusan majelis hakim tersebut. “Sudah seperti yang kami sampaikan di persidangan, kami masih pikir-pikir,” ucapnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Ari Purnomo

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Iwan Divonis Setahun Penjara, Kuasa Hukum: Majelis Hakim Objektif