alexametrics

Ingat! Honorer Bisa Dirumahkan Jika Tak Produktif

Soal Rekrutmen P3K, Pemkab Tunggu Juknis
29 Januari 2019, 00:05:24 WIB

JawaPos.com – Tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, Kalimantan Utara, mendapat peringatan dari Bupati. Jika menunjukkan kinerja yang tidak baik, maka siap-siap jadi penganggur.

Kepala organisasi perangkat daerah pun diminta untuk mengevaluasi tenaga honorer yang berada di lingkup kerjanya masing-masing. Jika tenaga honorer terbukti tidak produktif, akan dirumahkan.

“Percuma saja dipertahankan kalau produktivitas tidak bagus. Sebab, akan menambah beban anggaran saja untuk membayar gaji,” ujar Bupati Bulungan Sudjati, dikutip dari Harian Rakyat Kaltara (Jawa Pos Group), Senin (28/1).

Terkait peluang bagi daerah membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Sudjati menegaskan, Pemkab Bulungan masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. Termasuk soal kuota yang diberikan maupun formasi yang diperbolehkan.

Namun demikian, jika merujuk pada anggaran yang dimiliki, Sudjati pesimistis rekrutmen P3K untuk lingkup Pemkab Bulungan bisa dilaksanakan pada tahun ini. “Rekrutmen (P3K) itu akan membutuhkan biaya yang cukup besar,” ujarnya.

Dia menyampaikan, saat ini APBD Bulungan Rp 1,2 triliun. Dari jumlah tersebut, kata dia, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan di antaranya, perbaikan jalan.

Jika anggaran tersebut digunakan untuk pelaksanaan rekrutmen P3K, dia mengaku banyak pekerjaan atau program yang nantinya tidak bisa dilaksanakan. Pasalnya menurutnya, rekrutmen P3K tidak jauh berbeda dari rekrutmen CPNS.

Jika dilakukan penerimaan P3K, APBD Bulungan akan semakin terbebani. Pasalnya, harus membayar tunjangan, pengembangan kompetensi, pemberian penghargaan, jaminan perlindungan atau jaminan hari tua, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan bantuan hukum.

“Yang membedakan PPPK dan PNS itu kan hanya perjanjian kerja saja,” ujarnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Jpg

Ingat! Honorer Bisa Dirumahkan Jika Tak Produktif