alexametrics

Evaluasi SAKIP, Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung Dapat Predikat A

29 Januari 2019, 01:50:28 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meriah predikat A dalam hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 wilayah I. Dua pemerintah ini berhasil mempertahankan predikat tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Syafruddin menyerahkan hasil evaluasi SAKIP 2018 wilayah I di Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (28/1). Yang meliputi 185 pemerintah daerah terdiri dari 11 Pemerintah Provinsi dan 174 kabupaten/kota.

Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2018, Dua pemda meraih predikat A yakni Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung. Serta 20 Pemda meraih predikat BB. Sedangkan peraih B sebanyak 73, CC sebanyak 53, dan C masih ada 37 Pemda.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung berhasil mempertahankan capaian tahun 2017, keduanya juga berhasil mendapatkan predikat A,” kata Syafruddin di Bandung, Senin (28/1).

Mantan Wakapolri ini mengatakan, Pemda yang meraih predikat BB mengalami peningkatan signifikan. Dari hasil evaluasi SAKIP tahun 2017 lalu hanya ada 10 pemda yang berhasil mendapatkan predikat BB, yaitu 2 pemerintah provinsi dan 8 pemerintah kabupaten/kota. Sementara pada evaluasi tahun 2018 meningkat menjadi 20 pemerintah daerah, 3 diantaranya adalah pemerintah provinsi dan 17 lainnya adalah pemerintah kabupaten/kota.

Bahwasanya, melalui implementasi SAKIP, paradigma kinerja pemerintah telah mengalami perubahan, tidak lagi sekedar pelaksanaan program kegiatan yang dianggarkan, tetapi melakukan kegiatan dan program. Yakni dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Selain itu, anggaran juga dapat dipastikan mendukung pencapaian tujuan pembangunan dalam skala prioritas. Untuk diketahui, Pemda yang meraih predikat A adalah Pemprov Jawa Barat dan Kota Bandung.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Siti Fatonah


Close Ads
Evaluasi SAKIP, Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung Dapat Predikat A