alexametrics

Wali Kota Irwansyah Bagikan Sertifikat Tanah untuk 777 Warga

29 Januari 2018, 17:06:48 WIB

JawaPos.com – Di masa akhir jabatannya, Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah membagikan 777 sertifikat tanah untuk warganya. Irwansyah berharap dengan kegitan tersebut warga Pangkalpinang mendapatkan pelayanan publik secara maksimal. Menurutnya, saat ini warga Pangkalpinang tak perlu cemas untuk mengenai status kepemilikan tanahnya.

“Pada sisa waktu saya menjabat ini, saya ingin terus bekerja melayani masyarakat,” kata Irwansyah di Pangkalpinang, Senin (29/1).

Dia melanjutkan, berkat pencapaian pemkot Pangkalpinang dalam pembagian sertifikat tanah, mendapatkan penghargaan sebagai Role Model Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, Pangkalpinang mendapatkan penghargaan dari Menpan untuk Role Model Pelayanan Publik,” kata Wawan, sapaan Irwansyah yang juga akan maju di Pilkada Sumsel sebagai bakal calon wakil gubernur.

Dia mengatakan, pembagian sertifikat tanah adalah program nasional yang menjadi salah satu target dalam kepemimpinan di Pangkalpinang. Program ini juga merupakan bentuk dukungan atas program pemerintah pusat. Presiden Joko Widodo pun diketahui rajin memmbagikan sertifikat tanah dengan nama program proyek Operasi Nasional Agraria (Prona).

Masyarakat yang berhak mengikuti Prona adalah mereka dengan golongan ekonomi lemah sampai dengan menengah, dan dengan penghasilan tidak tetap.

“Saya ikhtiar bekerja melayani masyarakat hingga tuntas. Ini juga sebagai wujud pemkot untuk terus mendukung keberhasilan program pemerintah pusat,” ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri juga oleh Muspida setempat dan Ketua BPN Pangkalpinang. Selain itu dilakukan secara simbolis pemasangan tanda batas tanah di seluruh daerah Pangkalpinang.

Sementara itu, Ketua BPN Pangkalpinang, Isnu Baladipa, mengatakan, pembagian 475 sertifikat tersebut 120 diantaranya termasuk kategori aset pemkot. Sejauh ini pencapaian yang diraih oleh pemkot Pangkalpinang selama Irwansyah memimpin telah menembus angka 4725 terhitung hingga tahun 2017.

Selain sebagai upaya mencegah sengketa pembuatan sertifikat tanah, kegiatan tersebut dapat membantu perpajakan daerah. Buktinya target pajak Rp 17 miliar dari tanah, Pangkalpinang melebihi target hingga Rp22 M. Hal ini yang membuat Pangkalpinang mendapatkan Role Model Pelayanan Publik dari Menpan.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (yuz/JPC)



Close Ads
Wali Kota Irwansyah Bagikan Sertifikat Tanah untuk 777 Warga