alexametrics

Khawatir Tsunami, Derawan Sepi

28 Desember 2018, 05:50:07 WIB

JawaPos.com – Salah satu destinasi wisata andalan Bumi Batiwakkal sebutan Kabupaten Berau yakni Pulau Derawan, dinilai sepi kunjungan oleh wisatawan dari luar daerah. Hal tersebut diakui oleh Simon salah seorang pengusaha penginapan dan rumah makan di Pulau Derawan.

Sejak awal perayaan Natal, masih banyak kamar yang kosong di penginapan miliknya. “Penginapan punya saya masih ada yang kosong, biasanya sebelum Natal sampai tahun baru penuh terus penginapan milik saya yang disewa oleh wisatawan,” ujarnya dikutip dari Berau Post (Jawa Pos Group), Jumat (28/12).

Dia menyebut, kebanyakan wisatawan yang mengisi penginapannya masih berasal dari sekitar Kaltim dan Kaltara saja. “Seperti Tarakan, Samarinda, Balikpapan, Bulungan. Belum ada yang dari luar Kalimantan,” ungkapnya.

Simon mengaku mengetahui perbedaan wisatawan lokal dan dari luar daerah, berdasarkan makanan yang dipesan. “Saya juga punya rumah makan. Biasanya kalau orang dari luar Kalimantan seperti Jakarta senang pesan makanan laut yakni lobster, yang notabene harganya mahal,” terangnya.

Menurut Simon dari pengakuan pelanggannya yang berasal dari luar Kalimantan, mereka masih khawatir akan terjadinya bencana. “Pelanggan saya belum lama ini telepon karena takut beberapa kejadian tsunami dan tragedi pesawat yang terjatuh. Jadi, mereka masih takut berpergian jauh khususnya lautan,” ucapnya.

Iapun berharap jelang pergantian tahun, lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke Pulau Derawan. “Semoga untuk hari ke depannya lebih ramai lagi wisatawan yang datang, karena berpengaruh bagi pemasukan kami sebagai pengusaha penginapan dan rumah makan,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (jpg/est/JPC)


Close Ads
Khawatir Tsunami, Derawan Sepi