alexametrics

Jalan Raya Gubeng Berpotensi Ambles Lagi

28 Desember 2018, 15:55:54 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan kepolisian telah membuka kembali Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Kamis (27/12) kemarin. Kendaraan roda dua dan empat dapat melintasi jalan itu.

Namun pengerjaan Jalan Raya Gubeng belum sepenuhnya selesai. Para ahli juga menilai badan jalan belum sepenuhnya kuat menahan beban semua jenis kendaraan.

Humas Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng Surabaya Wahyu Kuswanda memprediksi masih ada potensi ambles dengan kondisi kekuatan jalan sekarang. Salah satu sebabnya pengerjaan yang terburu-buru.

“Nah, memang sekarang belum penuh. Hanya dua lajur saja. Kemudian kendaraan yang lewat hanya kendaraan kecil-kecil. Jadi nggak ada masalah,” kata Wahyu di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jumat (28/12).

Meski demikian, Wahyu meminta Pemkot Surabaya dan PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE) menyelesaikan perbaikan jalan secara keseluruhan. Dia punya beberapa rekomendasi terkait hal itu.

Pertama, pemkot dan NKE melakukan melakukan penimbunan dengan material pasir dan batu (sirtu) pada pereng atau sisi Barat jalan. Timbunan sirtu dengan tanah rasionya 1:2 atau dengan kemiringan 30 derajat. Tumpukan sirtu yang sudah dipadatkan mampu menahan pergerakan tanah jalan ke arah area proyek milik PT Saputra Karya itu.

Selanjutnya, Wahyu merekomendasikan agar mempercepat pemasangan steel sheet pile. Fungsinya sama. Yakni, menguatkan badan agar tidak longsor ke galian basement sebelum tertimbun kembali dengan sirtu.

“Memang vital. Karena jalan itu harus punya daya dukung yang kuat. Jalan harus tidak mengalami penurunan. Lereng badan jalannya harus tidak boleh mengalami kelongsoran,” jelas Wahyu.

Terakhir, Wahyu merekomendasikan PT NKE turut bertangung jawab hingga seluruh kondisi fisik jalan kembali seperti semula. PT NKE harus menjamin jika ada kerusakan atau pergerakan tanah selama setahun ke depan.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jalan Raya Gubeng Berpotensi Ambles Lagi