alexametrics

100 Hari Menjabat, Ini Inovasi Ridwan Kamil di Jawa Barat

28 Desember 2018, 18:59:47 WIB

JawaPos.com – Memasuki kepemimpinan 100 hari, Gubernur dan wakil Gubernur Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mengklaim telah mencanangkan 17 program. Tercatat 100 hari kepemimpinan keduanya jatuh pada 14 Desember lalu. 

“Kami tunjukan sebagai optimisme, keberhasilannya memang tidak bisa diukur dalam 100 hari tapi minimal masyarakat Jabar bisa melihat kami serius membawa inovasi,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Jumat (28/12).

Sebanyak 17 program ini merupakan hal-hal baru atau memperbaiki yang sudah ada. Sehingga masyarakat bisa lihat apa saja yang akan dijalankan selama lima tahun ke depan.

100 Hari Menjabat, Ini Inovasi Ridwan Kamil di Jawa Barat
Tercatat 100 hari kepemimpinan keduanya jatuh pada 14 Desember lalu (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Bahkan, berita baiknya yakni APBD sudah diketok sehingga 2019 akan segera diimplementasikan. Menurut Kang Emil sapaannya, pada 2019 ada 40 program strategis yang akan dikerjakan, khususnya pariwisata dan infrastruktur yang akan dibangun.

“Mudah-mudahan kami ketemu lagi di Desember 2019 dengan perubahan yang dijanjikan selama kampanye. Insya Allah akan bermuara pada hasil yang maksimal dari jalan mulus, pendidikan karakter, kemandirian, dan lainnya. Semua dimensi kita sentuh termasuk keagamaan dan inilah wajah Jabar yang paling inovatif di Indonesia,” jelasnya.

Sementara Uu Ruzhanul Ulum mengatakan dalam 100 hari kerja ini, agenda pembagian tugas berjalan dengan lancar. Bahkan sebagai wakil, Uu meyebut tidak hanya bertugas yang sifatnya seremonial saja melainkan juga tugas subtansi pun dilakukan.

“Pembagian agenda saya sangat enjoy dengan Kang Emil kadang-kadang tugas yang subtansi pun dikasihkan kepada kami. Jadi bukan hanya memberikan seremonial atau menghadiri acara saja,” jelas Uu.

Dalam hal ini, kata mantan Bupati Tasikmalaya itu artinya Kang Emil ada trust atau kepercayaan sehingga kehadirannya bisa membantu dalam melaksanakan roda pemerintahan di Jabar.

Untuk diketahui, program-program tersebut diantaranya Jabar Quick Response, Ulama Juara – Lepas Kader Ulama Untuk Pendidikan ke Turki, Sadesha (Satu Desa Satu Hafidz), Layad Rawat, Ngabaso, Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera), Jabar Masagi, Jabar Saber Hoaks, dan Desa Digital.

Kemudian program One Pesantren One Product (OPOP), Maghrib Mengaji, Street Library (Kolecer – Kotak Literasi Cerdas), Candil (Maca Dina Digital Library), Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita), Gurilaps.com aplikasi market place pariwisata Jawa Barat, One Village One Company – Desa Juara, serta Hibah Bus Pariwisata.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ona/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads
100 Hari Menjabat, Ini Inovasi Ridwan Kamil di Jawa Barat