alexametrics

Kabupaten Malang Surplus 75 Ribu Ton Beras

28 Desember 2017, 17:20:17 WIB

JawaPos.com – Produksi padi di Kabupaten Malang melimpah. Bahkan sepanjang 2017, salah satu daerah di Jawa Timur (Jatim) itu mengalami surplus beras sebanyak 75 ribu ton. Angka surplus didapat dari produksi beras 310.200 ton beras. Sedangkan kebutuhan beras di Kabupaten Malang hanya 234.600 ton.

Area tanam padi di Kabupaten Malang mencapai 45.888 hektare pada tahun ini. Luasan tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Untuk luas tanam padi ada sedikit penurunan. Karena ada beberapa perbaikan saluran induk,” kata Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan (DPHP) Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid saat panen raya di Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Kamis (28/12).

Penurunan area tanam padi juga disebabkan adanya alih fungsi lahan. Kini, banyak kawasan di Malang Utara yang berubah wajah menjadi perumahan dan pertokoan. Anomali cuaca yang berakibat pada serangan hama sekaligus menjadi tantangan petani dalam menanam padi.

Nasri berharap semua stakeholder dapat meningkatkan sinergi untuk menambah luas lahan tanam. Target tahun depan, surplus beras di Kabupaten Malang meningkat menjadi 86 ribu ton. “Kami yakin target bisa dicapai karena beberapa daerah panen sebanyak tiga kali dalam satu tahun,” ucapnya.

Misalnya di Desa Bantur. Panen raya menghasilkan gabah mencapai 972 ton.  Jumlah tersebut didapatkan dari area tanam seluas 108 hektare. Artinya, satu hektare lahan menghasilkan 9 ton gabah.

Indeks pertanian di Kabupaten Malang baru 1,6. “Artinya setahun masih panen satu kali. Namun ada beberapa yang sudah panen sebanyak tiga kali. Harapan kami, semua daerah bisa meningkat indeks pertaniannya,” beber lulusan Australia itu.

Sementara itu, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel (Inf) Bangun Nawoko menyatakan, luas lahan tanam memang menurun. Namun Kabupaten Malang mampu mewujudkan swasembada beras. “Buktinya akhir tahun masih bisa panen,” kata Bangun.

Kegiatan panen raya juga dihadiri Kalorles Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto. Serta Dandim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol (Inf) Ferry Muzawwad.

Editor : admin

Reporter : (tik/JPC)


Close Ads
Kabupaten Malang Surplus 75 Ribu Ton Beras