alexametrics

Ini Curhat Tertulis Eddy Rumpoko Untuk Pemkot Batu dan Sang Istri

28 Desember 2017, 08:09:08 WIB

JawaPos.com – Selama dua periode Eddy Rumpoko memimpin Kota Batu. Namun, sepak terjangnya berakhir di tangan penegak hukum. Dia diringkus tim penindakan KPK pada operasi tangkap tangan (OTT) di Batu. Ternyata, Eddy terjerat kasus suap pengadaan mebel air senilai Rp 5,2 miliar

Tentu, penangkapan tersebut merupakan cerita sedih bagi sang istri, Dewanti Rumpoko. Kebimbangan terlihat di wajah Dewanti usai dilantik menjadi Wali Kota Batu tadi siang (27/12) di Gedung Grahadi. 

Dia sempat menolak berkomentar saat wartawan mencoba melontarkan pertanyaan seputar suaminya. Meski, Dewanti terlihat menebar senyum saat beberapa orang kenalan meminta berfoto bersama usai acara pelantikan.

Namun, salah seorang dari tamu yang hadir, Ustad Joko Sutrisno mengaku sudah menerima surat pemberian dari orang dekat Eddy Rumpoko. Katanya, dia memdapat surat tersebut melalui email. Dia mengaku mendapat amanah dari orang dekat Eddy untuk mencetak dan membacakan di depan publik.

Berikut isi suratnya:

Kepada yang saya cintai seluruh masyarakat Kota Batu

Saat menulis surat ini, saya sebagai pribadi yang pernah mendapat mandat dan tugas di pemerintahan Kota Batu.

Syukur Alhamdulillah tugas itu berakhir dengan baik. Selama 10 tahun saya mendapat dukungan dan ilmu dari masyarakat, baik dalam bertugas maupun bertatap muka langsung dengan masyarakat.

Masyarakat punya peran penting dalam membangun dan mengembangkan Kota Batu. Budaya silaturahmi, gotong-royong, guyub, toleransi yang menjadi cermin di masyarakat petani.

Itu adalah akar budaya bangsa yang harus dijaga dan tetap menjadi ikon masyarakat Batu.

Bersamaan dengan kemajuan Kota Wisata ini, budaya itu modal utama mensejahterakan masyarakat. Keberhasilan daerah bergantung pada kemampuan SDM masyarakatnya. 

Masyarakat berdaya saing muncul dari masyarakat petani. Daerah bisa berkembang bukan bergantung pada anggaran pemerintah.

Partisipasi masyarakat dan potensi daerah berperan penting. Investasi, wirausaha hingga sosial budaya tak boleh menggantungkan APBD.

Birokrat jangan terjebak dalam sebuah birokrasi yang menyulitkan dalam pelayanan publik.

Saat ini Kota Batu dipimpin oleh seorang ibu yang diberikan mandat untuk menjalankan pemerintahan. Saya doakan Ibu (Dewanti Rumpoko) selalu menjadi ibu bagi masyarakat Kota Batu. Seperti ibu mengasihi anak-anaknya.

Saya minta kepada tokoh masyarakat di Kota Batu dan seluruh pimpinan di Kota Batu untuk mendukung dan menjaga pemerintahan dengan baik, saling mengisi kekurangan-kekurangan yang ada pada saat ini. 

Gagasan menempatkam Kota Batu todak hanya sebagai kota wisata namun juga menjadi kota pertanian telah kita mulai dan tentunya harus terus kita tingkatkan sehingga membawa kota batu akan benar bemar menjadi rumah harapan bagi petani kota Batu.

Apa yang kita capai selama 10 tahun hanya Pondasi untuk mewujudkan mimpi besar.

Kota Batu sebagai kota pertanian juga menyimpan gagasan terwujudnya destinasi kereta gantung.

Pertumbuhan Kota Batu harus memberikan nilai manfaat. Dunia pendidikan harus menciptakan anak-anak calon pemimpin yang kompetitif dan berakhlak mulia.

Para pemangku pemerintahan harus bekerja sungguh sungguh, tanpa berbelit, dan melayani. Lakukan dengan ikhlas. 

Tempatkan kepentingan mayarakat di ata segalanya. Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat yang mendukung kemajuan Batu.

Kini Batu menjadi kota wisata yang maju. Tanggung jawab saya tidak akan berhenti sampai di situ. Mari kita sambut masa depan yang lebih baik dengan energi positif.

Energi yang kini dimiliki masyarakat. Gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo. Tertanda Eddy Rumpoko.

“Saya dapat kiriman suratnya di pagi jam delapan,” kata Joko. Namun, dia mengaku tidak tahu alasan orang dekat Eddy memberikannya amanah untuk menyampaikan isi surat tersebut. Menurutnya, karena alasan psikis yang akan dialami keluarga jika membacakan surat itu secara langsung.

Secara garis besar, surat tersebut berisi tentang kiat sukses memimpin kota Batu bagi pemerintah setempat. Yakni, bagaimana menjadi wali kota yang baik, mengenal masyarakat dan mengembangkan kota Batu.

Selain itu, surat tersebut juga memuat tulisan syukur dan terima kasih bagi seluruh masyarakat kota Batu. Sepertinya, wejangan tersebut memang ditujukan pada sang istri saat memimpin kota Batu.

Editor : admin

Reporter : (HDR/JPC)



Close Ads
Ini Curhat Tertulis Eddy Rumpoko Untuk Pemkot Batu dan Sang Istri