alexametrics

83 Persen Peredaran Narkotika Dikendalikan dari Lapas

28 Desember 2017, 05:30:31 WIB

JawaPos.com – Selama 2017, setidaknya 18 kasus narkotika berhasil diungkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah.

Yang mengejutkan, 15 kasus atau 83 persen diantaranya melibatkan penghuni lapas. Artinya sebagian besar narkoba yang berkeliaran dan beredar bebas selama ini dikendalikan dari Lapas.

Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Tri Agus Heru menuturkan, kasus-kasus tersebut melibatkan warga binaan lembaga permasyarakatan (LP) di sejumlah wilayah. Antara lain LP Narkotika Nusakambangan (4 kasus), LP Kedungpane, LP Sragen (2 kasus), LP Ambarawa, LP Pekalongan, LP Pati, dan LP Surabaya (1 kasus). 

“Total ada 12 kasus, namun ada tiga sisa kasus lainnya yang berasal dari pelaku yang sama, yakni si Babe dari LP Narkotika Nusakambangan,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di kantornya, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/12).

Sutrisno alias Babe sendiri ditahan di LP Narkotika Nusakambangan pada tahun 2016 lalu. Dibantu putrinya yang bernama Sri Wahyuni, Babe beberapa kali kedapatan melakukan maupun mengendalikan pengiriman paket sabu, salah satunya dengan pembeli asal Nigeria. 

Dalam 18 kasus tersebut, adapun barang bukti yang telah disita BNNP Jateng yakni 3.540 gram sabu, 10 kilogram ganja, 588 butir ekstasi, dan cairan merk Madman 5 mililiter. “Selain itu, diamankan pula beberapa gram tembakau gorila dan 1 bungkus bahan narkotika,” imbuhnya. 

Dilihat dari jumlahnya, Agus menuturkan bahwa terjadi peningkatan baik dari sisi jumlah kasus maupun tersangka di tahun 2017. Dari 18 kasus yang ada, BNNP Jateng tahun ini berhasil mengamankan sebanyak 40 orang yang terlibat. Sedangkan pada tahun 2016, pihaknya berhasil menahan setidaknya 19 tersangka dari 13 kasus.

Sementara itu, Kepala Bidang Berantas BNNP Jateng AKBP Suprinarto menuturkan, semakin banyak terungkapnya kasus-kasus tersebut diyakini berkat kerjasama pihaknya bersama Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Jadi kita ada bersih-bersih di dalam. Itu membuat info lebih cepat terungkap,” tuturnya.

Editor : admin

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
83 Persen Peredaran Narkotika Dikendalikan dari Lapas