alexametrics

Keren! Kabupaten Ini Jadi Percontohan Wisata Halal di Indonesia

28 November 2018, 08:30:12 WIB

JawaPos.com – Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi salah satu pilot project destinasi wisata halal di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat Muhammad Yadi, saat penyerahan sertifikat halal kepada pelaku IKM di Aula Disperindagkop UKM, beberapa waktu lalu.

“Pentingnya sertifikasi halal bagi para pelaku IKM adalah sebagai standar keamanan pangan bagi konsumen muslim di daerah. Hal ini sejalan dengan cita-cita Gubernur Kalimantan Tengah yang akan membentuk destinasi wisata halal di Kalimantan Tengah, dan Kabupaten Kotawaringin Barat dipilih menjadi pilot project,” katanya dikutip dari Radar Sampit (Jawa Pos Group), Rabu (28/11).

Yadi menjelaskan, wisata halal potensial dikembangkan mengingat banyaknya umat muslim di di Indonesia. Selain itu sektor ini dianggap menjadi kunci penguatan ekonomi Indonesia.

Sertifikasi halal yang menjadi bagian dari wisata halal itu tidak dapat berdiri sendiri, namun menjadi bagian dari keseluruhan industri halal yang mencakup sektor finansial dan pembiayaan. Yadi juga mengimbau pelaku IKM untuk selalu menjaga kualitas produknya.

Pasalnya setelah menerima sertifikat halal ini maka pengawasan tidak akan berhenti, namun justru semakin intensif dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Provinsi Kalteng.

“Kualitas produk olahan pangan yang telah menerima sertifikat halal ini harus terus dijaga, karena akan terus dipantau dan diawasi oleh auditor,” ujarnya.

Kali ini Pemkab Kobar melalui Disperindagkop UKM Kobar kembali memfasilitasi 10 perusahaan IKM untuk menerima sertifikat halal dari LPPOM-MUI Provinsi Kalteng. Perusahaan IKM penerima sertifikat halal itu di antaranya Raafila Kumai (KSK), Kedai Pisang Krispi, Yuli Sarbati, Sarifah Halimah, Cita Rasa, Mase Rachman, Inna Cookies, Astuti Snack, Jumariyah Uyung dan Lia Donat.

Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kobar, perwakilan Dinas Kesehatan dan ASN di lingkungan Disperindagkop UKM Kobar serta pelaku IKM penerima sertifikat halal.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (jpg/est/JPC)


Close Ads
Keren! Kabupaten Ini Jadi Percontohan Wisata Halal di Indonesia