JawaPos Radar

Tekad Majukan Desa, Ini Yang Dibahas Sekdes dan Bhabinkamtibmas

28/11/2017, 18:16 WIB | Editor: Suryo Eko Prasetyo
Unsur Forpimcam Wagir
SINERGI: Pelatihan Pelembagaan Pembangunan Desa di Kecamatan Wagir, juga melibatkan unsur polisi dari polsek. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pembangunan Kawasan Pedesaan (PKP) masih menjadi kebijakan baru di lingkungan pemerintah desa. Program baru ini memiliki dasar hukum Permendes nomor 5 tahun 2016, dan dilaksanakan di awal 2017. Kabupaten Malang, menjadi pilot project untuk wilayah Jawa Timur.

Hal ini disampaikan oleh M Tohiron, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Malang, saat memberikan materi dalam Pelatihan Pelembagaan Pembangunan Desa Generasi Sehat dan Cerdas kepada JawaPos.com, Selasa (28/11), di Gedung BKAD, Desa Parangargo, Kecamatan Wagir.

''Tentunya untuk PKP ini harus seimbang, berkesinambungan serta bersinergi antara Badan Pemberdayaan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan pemerintah desa,'' kata dia.

PKP, lanjut dia, konsentrasi untuk pemberdayaan desa. Mulai dari masyarakat dan pemerintah. Tujuannya, meningkatkan taraf hidup dan kualitas.

Menurut dia, hal ini selaras dengan program dan cita-cita Bupati Malang, Rendra Kresna. Yakni pengentasan kemiskinan, pelestarian lingkungan hidup dan optimalisasi pariwisata.

PKP ini merupakan upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Caranya, dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya.

Sementara itu, Gunawan Wibisono dari Pemkab Malang, yang memberikan materi mengenai penataan kelembagaan, menjelaskan, menyukseskan PKP, lembaga harus ditata.

Tujuannya, mempunyai kemampuan yang berkualitas dari setiap komponen, kesadaran dan memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan. Selain itu juga penyusunan program dan pendampingan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

Pelatihan tersebut tidak hanya diikuti oleh unsur desa beserta pemerintahannya saja, melainkan juga melibatkan para Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat), polisi yang bertugas di desa.

Mengenai hal ini, Kapolsek Wagir, AKP Adang Agus, menjelaskan, pihaknya juga ingin berperan aktif dalam pembangunan. ''Kami bertekad, bersama komponen desa untuk memajukan desa,'' tegasnya.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up