alexametrics

Sumpah Pemuda dan Ultah Ganjar yang Diperingati Warga di Dieng

28 Oktober 2021, 12:34:36 WIB

JawaPos.com – Sumpah pemuda dan hari lahir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jatuh pada hari yang sama, 28 Oktober. Dua hari bersejarah itu diperingati warga Jawa Tengah dengan cara khusus di pelataran Candi Dwarawati Dieng, Banjarnegara, hari ini.

Warga setempat menggelar upacara Sumpah Pemuda dan Doa Syukur Lintas Agama serta lomba permainan tradisional di Pelataran Soeharto Whitlam, Kamis (28/10). Peserta doa terdiri atas warga, pemuka agama, tokoh lintas agama, budayawan, seniman, di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

KH Khayatul Makki, pengasuh Ponpes Tanbihul Ghofiliin Alif’Baa, Banjarnegara, didaulat untuk memimpin doa secara Islam.

“Semoga acara tasyakuran ini bisa membawa kemakmuran, kedamaian, dan keberkahan dari Candi Dwarawati untuk bangsa Indonesia. Semoga Bapak Ganjar Pranowo panjang umur dan semakin bermanfaat untuk bangsa dan negara Indonesia,” demikian doa KH Khayatul Makki yang biasa disapa Gus Khayat.

Sebelum doa diawali dengan kirab bendera merah putih dan berbagai lomba permainan rakyat. Kirab sumpah pemuda ditutup dengan memotong tumpeng dan doa.

A. Jaka Saptana selaku ketua sekelompok warga yang menyatakan diri sebagai Sahabat Ganjar mengatakan, memperingati Sumpah Pemuda sebagai bentuk apresiasi para pemuda dalam mempersatukan jiwa kebangsaan untuk melawan penjajah di muka Ibu Pertiwi. “Kita juga melakukan syukuran dalam rangka Hari Ulang Tahun Bapak Ganjar Pranowo dengan pemotongan tumpengan,” tutur A. Jaka Saptana.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads