alexametrics

Langkah Desa Jatimulya Dorong Perekonomian dan Aktivitas Warganya

28 Oktober 2019, 09:31:35 WIB

JawaPos.com – Aktivitas pemuda dan ibu-ibu di Desa Jatimulya, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, sangat aktif. Karena itu, pemerintah desa berinisiatif membangun Taman Hiburan Rakyat sebagai ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan untuk ruang publik.

Selain untuk berbagai kegiatan, pada hari tertentu Taman Hiburan Rakyat bisa dimanfaatkan untuk senam kesehatan oleh masyarakat setempat. Untuk menunjang aktivitas ekonomi, pemerintah desa juga membuat inovasi lain dengan membangun pasar desa di lokasi tersebut.

Saat ini sudah dibuat beberapa stan permanen yang bisa digunakan untuk mengakomodasi para pedagang dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) desa. Mereka diberi kesempatan untuk menyewa dan berjualan di tempat yang letaknya tidak jauh dari taman hiburan rakyat itu.

’’Awal November mendatang, pasar Desa Jatimulya mulai dibuka untuk umum. Sekarang persiapannya sudah hampir selesai,’’ ujar Talka, ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Compreng, Subang.

Tak hanya Desa Jatimulya yang maju. Inovasi beberapa desa lain di Kecamatan Compreng juga dikembangkan. ’’Saat ini TPID Kecamatan Compreng sedang mengembangkan UMKM untuk produksi jeruk nipis olahan. Dikenalkan dengan nama Yunco,’’ sebutnya.

Hampir semua kegiatan di Kecamatan Compreng saat ini sudah disosialisasikan secara digital di dunia maya. Pihak TPID setempat aktif mengelola fan page di Facebook dan YouTube untuk mempromosikan semua jenis inovasi desa- desa di Kecamatan Compreng. Hasilnya sangat menggembirakan.

’’Kami tidak ingin orang tua saja yang maju, anak-anak muda juga harus terlibat dan berpartisipasi di dalamnya. Harapannya, desa-desa di Kecamatan Compreng akan lebih maju jika digerakkan bersama-sama, baik dari karang taruna maupun pengurus desa setempat,’’ jelasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads