alexametrics

Sultan HB X Minta Akses Kode QR PeduliLindungi 75 Perusahaan Ekspor

28 September 2021, 06:49:49 WIB

JawaPos.com–Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta pemerintah pusat mempercepat penyediaan kode respons cepat (quick response/QR Code) PeduliLindungi bagi 75 perusahaan ekspor di wilayahnya.

”Saya meminta tolong untuk percepatan penurunan QR code (PeduliLindungi) bagi 75 perusahaan di Jogjakarta, agar kegiatan ekspor dapat terlaksana,” kata Sultan HB X seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Menurut Sultan, penyediaan kode QR itu dirasa penting mengingat perusahaan ekspor Jogjakarta memiliki sumbangsih besar bagi peningkatan persentase ekspor yang kini mencapai 153 persen. ”Eman-eman (disayangkan) kalau kegiatan ekspor di Jogjakarta terhambat mengingat kegiatan ekspor menjadi peran utama untuk perekonomian,” ucap Sultan.

Pemda Jogjakarta, kata Sultan, ingin mempertahankan kegiatan ekspor di Jogjakarta seiring pertumbuhan ekonomi yang telah mencapai lebih dari rata-rata nasional. Kegiatan pariwisata di DIY, saat ini cukup tinggi meski sudah diberikan peraturan-peraturan dari Pemda Jogjakarta.

Secara daring, Menkomarves Luhut Pandjaitan berpesan kepada kementerian perindustrian meningkatkan persentase pengguna PeduliLindungi di sektor industri sehingga lebih dari 40 persen. Oleh karenanya, luhut juga meminta kementerian kesehatan segera menindaklanjuti permintaan Sri Sultan mengingat ekspor akan sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Sekretaris Daerah Jogjakarta Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, selain 75 perusahaan yang diusukan Pemda Jogjakarta tersebut, ternyata justru ada 93 perusahaan yang telah diusulkan kementerian perindustrian kepada kementerian kesehatan terkait akses PeduliLindungi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads