Tiba di Makassar, 11 Jamaah Haji Dilarikan Dengan Ambulans

28/08/2018, 20:00 WIB | Editor: Budi Warsito
Jamaah haji kloter pertama debarkasi Makassar tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (28/8). (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rombongan jamaah haji debarkasi Makassar, akhirnya tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (28/8). Menggunakan enam unit iring-iringan bus, 452 orang jamaah haji yang tergabung dalam kloter pertama, tiba tepat pukul 17 30 WITA di Asrama.

Namun, dari ratusan jamaah ini, 11 orang diantaranya terpaksa dibawa menggunakan mobil ambulans dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Asrama. Mereka dibawa terpisah dengan rombongan lain yang tiba tak lama setelah jamaah ini masuk ke Asrama.

Sekertaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar, Kaswad Sartono mengungkapkan, jamaah yang rata-rata berusia lanjut ini, diduga kelelahan akibat kondisi tubuh yang melemah.

"Mereka kondisi fisiknya kelelahan karena suhu tinggi. Cuaca jugakan agak panas di sana, jadi pas masuk Indonesia, tiba di Makassar sini mereka langsung kelelahan," jelasnya saat memberikan keterangan di sela-sela kedatangan jamaah di Asrama Haji Sudiang.

Mereka yang diduga kelelahan, disebutkan 3 laki-laki dan dan 8 perempuan. Setibanya di Asrama mereka langsung di bawa ke ruang pemeriksaan kesehatan untuk diperiksa kembali.

Apabila kondisi fisiknya tak mengalami perubahan, tidak menutup kemungkinan jamaah ini bakal di rawat sementara di rumah sakit. "Tapi kita liat dulu nanti bagaimana, kalau memang tidak memungkinakan kita bawa sama tim," terangnya.

Di luar itu, lanjut Kaswad jamaah lainnya dinyatakan tiba dalam kondisi yang cukup sehat. Sebelumnya, kedatangan kloter pertama ini, sempat mengalami keterlambatan selama kurang lebih empat jam,

Jadwal sebelumnya jamaah diagendakan tiba sekitar pukul 12.55 Wita. Namun karena sedikit mengalami kendala teknis, di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, jamaah baru tiba di asrama haji tepat pukul 17.30 Wita.

"Seperti biasa kalau kloter awal itu pasti kita antri di sana. Karena seluruh negara serentak memberangkatkan jamaahnya hari ini," kata Kaswad.

Jamaah haji yang tergabung dalam kloter pertama ini berjumlah 452 orang. Jumlah itu berkurang dari pemberangkatan awal sebanyak 455 orang. Tiga diantaranya saat ini masih masih berada di tanah suci Mekah karena terkendala kondisi kesehatan.

Kedatangan ratusan jamaah haji kloter pertama debarkasi Makassar ini disambut langsung Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono didampingi Pelaksana tugas Sekertaris Daerah (Sekda) Pemprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi