Terlambat Hampir Sejam, Kloter Pertama Akhirnya Tiba di Solo

28/08/2018, 19:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
JAMAAH HAJI: Sejumlah jamaah haji Kloter pertama dari Kabupaten Tegal tampak menuruni tangga pesawat, Selasa (28/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemulangan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama dari Kabupaten Tegal akhirnya tiba di tanah air, Selasa (28/8) siang. Kedatangan 346 jamaah haji ini sejatinya mengalami keterlambatan hampir satu jam dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kendati demikian, perjalanan pulang jamaah ini berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. 
Setibanya di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo para jamaah haji satu persatu keluar dari pesawat Garuda Indonesia juga yang ditumpanginya.

Tanpa dikomando, sejumlah jamaah langsung melakukan sujud syukur setibanya di Tanah Air. Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa syukur telah menjalankan ibadah haji dan bisa pulang dengan selamat. 

Sujud syukur tidak hanya dilakukan oleh jamaah perempuan saja. Banyak juga jamaah laki yang melakukan sujud syukur. Usai melakukan sujud syukur, satu persatu jamaah masuk ke dalam bus yang sudah siap mengantarkan ke Debarkasi Donohudan, Solo. 

"Jadwal sebelumnya jamaah haji Kloter pertama tiba atau mendarat pukul 10.30 WIB, tetapi baru mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo pukul 11.15 WIB," terang Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Farhani.

Farhani menambahkan, untuk pemulangan gelombang pertama ini diikuti oleh 346 jamaah dan hampir semuanya berasal dari Kabupaten Tegal. 

"Ada satu jamaah yang bukan dari Kabupaten Tegal ada satu dari Kabupaten Demak yakni Bupati Demak, beliau juga ikut dalam Kloter pertama," ucapnya.

Untuk proses pemulangan jamaah haji ini akan dilakukan dua gelombang dan akan selesai pada tanggal 26 September mendatang.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi