JawaPos Radar

Mensos Pastikan Penyaluran Bansos Tuntas Agustus 2018

28/08/2018, 20:57 WIB | Editor: Budi Warsito
Mensos Pastikan Penyaluran Bansos Tuntas Agustus 2018
Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita bersama KPM Kota Batam (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan, Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap III dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap VII akan dituntaskan penyaluranya di bulan Agustus ini.

Khusus untuk Batam, Agus menyatakan, realisasi penyaluran PKH mencapai 85 persen. Agus pun optimistis hingga akhir Agustus akan selesai 100 persen. Politikus Golkar itu menyebutkan, realisasi penyaluran bantuan perlu dimaksimalkan. Sebab, bantuan PKH dan BPNT mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami sepakat, bulan Agustus akan menuntaskan PKH tahap III, dan BPNT," kata Agus saat mengunjungi Kantor Wali Kota Batam, Selasa (28/8).

Mensos Pastikan Penyaluran Bansos Tuntas Agustus 2018
Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita bersama KPM Kota Batam (Istimewa)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2018, angka kemiskinan di Indonesia menurun hingga 630 ribu orang menjadi 25,95 juta orang dibandingkan September 2017. Capaian tersebut menurut BPS disebabkan meningkatnya bantuan sosial sebesar 87,6 persen.

Agus mengatakan, pemerintah juga membimbing masyarakat untuk memperbaiki kesejahteraan hidup. Warga kurang mampu, dibimbing dalam memanfaatkan bantuan yang
diberikan. Sehingga, ke depan tidak perlu lagi disuplai bantuan.

"Kami dari pemerintah pusat
tidak akan melepas, akan kami bina dan bimbing dengan program-program usaha," ujar
suksesor Idrus Marham itu.

Sementara, Dirjen PFM Andi ZA Dulung menyampaikan, Program BPNT di Batam pada umumnya lebih banyak digunakan untuk membeli beras dibandingkan telur karena stok telur di wilayah Batam tidak mencukupi. Namun ke depannya hal ini akan ditindaklanjuti sehingga kebutuhan pangan beras dan telur tercukupi di wilayah Batam.

Untuk diketahui, hingga Agustus 2018, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tercatat sebesar
Rp42.890.760.000 disalurkan untuk 32.493 keluarga, Bantuan Sosial Disabilitas bagi 70 keluarga sebesar Rp140 juta, dan Bantuan Sosial Lanjut Usia untuk 106 keluarga senilai Rp212 juta.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up