JawaPos Radar

Mensos Naikkan Bantuan KPM Dua Kali Lipat

28/08/2018, 18:46 WIB | Editor: Budi Warsito
Mensos Naikkan Bantuan KPM Dua Kali Lipat
Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita (Raka Deni/JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) mempunyai kabar baik bagi masyarakat miskin yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Kabar baik itu adalah, Kemensos akan menaikkan besaran bantuan bagi KPM menjadi dua kali lebih besar dari yang diterima saat ini pada 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja di Batam, Selasa (28/8).

Pada 2018 ini, bantuan yang diterima oleh KPM sebesar Rp 1.890.000,- per tahun. Sedangkan bantuan bagi lanisa diatas 70 tahun dan penyandang disabilitas berat sebesar Rp2.000.000,-.

Selain menaikan besaran bantuan, Kemensos juga akan mengoptimalkan program PKH yang sampai saat ini masih menjadi program unggulan. Dengan berjalan baiknya program PKH, maka upaya menghadirkan kandirian ekonomi akan tercapai.

"Saya kira PKH salah satu program unggulan, ini meningkatkan daya beli. Di dalamnya ada transaksi yang juga disertai dengan edukasi, juga ada pendampingan," kata Agus menjelaskan.

Dengan pendampingan yang baik, keluarga yang masuk dalam PKH ini diharapkan menjadi agen perubahan. Melalui PKH, nantinya akan lahir usahawati yang bisa menularkan kemandirian ekonomi di masyarakat.

Bagi PKH yang sudah berhasil atau naik kelas, Agus mengaku akan terus melakukan pembinaan. Sehingga, para PKH tersebut terus berkembang, menghasilkan produk-produk bernilai ekonomis dan menciptakan peluang bagi lahirnya ruang untuk tenaga kerja baru.

"Kita harapkan mereka bisa mendiri dan kita bisa melahirkan usawan dan usahawati," lanjut Agus.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up