JawaPos Radar

Arena JIEP Pulomas

Selain Larang Potong Hewan Kuran, Delman Disetop Selama Asian Games

28/07/2018, 05:40 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Selain Larang Potong Hewan Kuran, Delman Disetop Selama Asian Games
Spanduk larangan kuda delman. (Dok. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta)
Share this image

JawaPos.com - Selain melarang 35 masjid yang berada dalam radius satu kilometer dari Jakarta International Equistrian Park (JIEP) Pulomas, Jakarta Timur, untuk melangsungkan pemotongan hewan kurban, Pemprov DKI Jakarta juga meminta agar tidak ada kuda dalam jarak 8-10 kilometer dari venue Asian Games tersebut.

Kasie Produksi Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Erwin Fahry mengatakan, aturan itu juga berlaku bagi para pengusaha delman. Dia meminta tidak ada lagi delman yang beroperasi pada radius tersebut.

“Ada, jadi kalau zona equistrian Pulomas itu kan satu kilometer tidak boleh menjual, memotong atau mengadakan pemotongan sapi kerbau. Kemudian satu lagi, 8-10 kilometer itu tidak boleh ada kuda. Jadi seperti delman (tidak boleh),” ujarnya di Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Jumat (27/7).

Menurutnya, aturan akan mulai diterapkan mulai 1 Agustus-30 September 2018. Dia pun mengaku sudah memasang pengumuman terkait pelarangan tersebut di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, sebagai tempat yang paling banyak digandrungi para pengusaha delman.

“Kita sudah pasang pengumuman di Monas. Itu untuk sementara (delman) tidak boleh operasi dulu,” kata Erwin.

Dengan begitu, area sekitar Monas akan menjadi kawasan steril, karena kuda-kuda itu dikhawatirkan akan menularkan penyakit ke kuda pacu para atlet Asian Games. Dia menyebut hal itu merujuk aturan Federasi Internasional Olahraga Equestrian (FEI). 

"Karena dikhawatirkan menularkan penyakit (ke kuda Asian Games). Kan itu sudah aturan dari asosiasi kesehatan (kuda pacu) dunia yang mengatakan meradius begitu," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pelarangan tersebut juga bertujuan menjaga kuda-kuda yang hendak berlaga di Asian Games. Hewan yang termasuk sensitif itu dijahhkan dari virus antraks.

Ada 35 masjid yang terdampak karena terletak dalam radius satu kilometer dari venue pacuan kuda atau equistrian di Pulomas, Jakarta Timur. Di antaranya tersebar di enam kelurahan, di antaranya Kayu Putih, Rawamangun, Pulogadung, Jati, Kelapa Gading Barat, dan Kelapa Gading Timur. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up