alexametrics

Pemprov Sumut Kucurkan Rp 2,7 Triliun untuk Perbaiki dan Bangun Jalan

28 Juni 2022, 11:15:06 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Sumut mulai mengerjakan proyek pembangunan dan perbaikan jalan provinsi. Pembangunan dan perbaikan jalan rusak sepanjang 450 kilometer itu dengan nilai Rp 2,7 triliun.

”Proyek pembangunan dan pemeliharaan jalan yang segera dimulai ditargetkan selesai akhir 2023,” ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi seperti dilansir dari Antara di Medan.

Menurut dia, pembangunan dan perbaikan jalan itu sudah sangat mendesak. ”Jadi memang harus segera dikerjakan dengan dana Rp 2,7 triliun,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Berdasarkan data dari Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut ada sekitar 580 km jalan provinsi dengan status rusak total. Namun, Sumut hanya punya dana anggaran sebesar Rp 2,7 triliun dengan kemampuan membangun dan memperbaiki 450 km.

”Pemprov Sumut maunya bisa memperbaiki semua, tetapi sampai 2024 dana yang dimiliki Rp 2,7 triliun. Jadi harus memilih yang prioritas,” kata Edy Rahmayadi.

Jalan sepanjang 450 km yang dibangun dan diperbaiki itu tersebar di 33 kabupaten/kota, kecuali Labuhanbatu Selatan yang tidak memiliki jalan provinsi. Salah satu proyeknya di Desa Suka Makmur, Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: