alexametrics

Tanggul Sementara Dibuat Atasi Rob di Semarang, Terkendala Air Pasang

28 Mei 2022, 10:35:50 WIB

JawaPos.com–Tanggul jebol diduga menjadi salah satu penyebab banjir rob. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah bersama intansi terkait terus berupaya menangani jebolnya tembok pelindung kawasan industri Lamacitra. Petugas di lapangan masih berupaya membangun tanggul sementara.

”Penanganan darurat itu dilakukan dengan membuat tanggul sementara guna menutup jebolan tembok pelindung menggunakan 3.500 kantong pasir dari Pelindo, 1.000 kantong pasir dari PT Lamicitra Nusantara, 2 truk tronton kantong pasir dari DPU Kota Semarang dan BBWS, serta geobag dari Kementerian PUPR,” kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kepada wartawan, Sabtu (28/6).

Tim gabungan juga menggunakan potongan bambu dan peralatan lain seadanya untuk menambal dua titik tembok penahan yang jebol sepanjang 20 meter di PT Lamicitra Nusantara dan 7 meter di sisi barat.

”Beberapa kendala yang menjadi tantangan bagi tim gabungan dalam penanganan darurat adalah masih berlangsungnya gelombang pasang, kondisi wilayah terdampak di Kelurahan Tanjung Mas dengan topografi yang mengakibatkan air sulit keluar, terbatasnya pompa air, dan akses menuju lokasi yang sulit dilalui,” jelas Abdul Muhari.

Banjir rob melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Banjir cukup parah itu terjadi setelah penahan air laut jebol pada Senin (23/5).

Kepala Bidang Penangana Darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah Dikki mengatakan, peristiwa itu terjadi diawali rob yang besar. Sehingga tanggul penahan air laut di kawasan Lamacitra tidak mampu menahan air.

”Penyebab tanggul jebol karena rob yang besar sehingga tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra tidak mampu menahan air laut yang cukup besar,” kata Dikki dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5).

Berdasar hasil kaji cepat sementara, delapan titik banjir rob terjadi di Depan Pos 1, Depan Polsek KPTE, Jalan Coaster, Jalan Deli, Dermaga Nusantara, Terminal Pelabuhan Tanjung Emas, Kawasan Lamacitra, dan Dok Koja Bahari.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads