alexametrics

Pedagang di Kebun Binatang Surabaya Boleh Jualan Lagi

28 Mei 2019, 17:17:11 WIB

JawaPos.com – Direktur Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar akhirnya bisa menghadiri hearing di DPRD Surabaya. Masalah yang dibahas adalah larangan pedagang kaki lima berjualan di lahan parkir.

Chairul selama ini tidak hadir karena sakit. Kemarin (27/5) dia datang dengan memakai sandal. Kakinya masih dibalut perban karena belum sembuh total. Chairul akhirnya menerangkan alasan penertiban tersebut perlu dilakukan. “Karena yang komplain soal parkir itu banyak sekali. Baik WA maupun telepon langsung ke saya,” ujarnya.

KBS memang hanya memiliki satu kantong parkir di sisi utara. Saat akhir pekan atau liburan, tempat parkir KBS meluber ke jalan raya. Kalau sudah begitu, yang protes bukan hanya pengunjung, melainkan juga pengguna jalan.

Ketua Komisi B Anugrah Ariyadi memahami hal itu. Namun, dia meminta ada dispensasi hingga 9 Mei supaya pedagang tetap bisa berjualan. Sebab, mereka membutuhkan uang untuk merayakan Lebaran.

Chairul akhirnya menerima masukan tersebut. Namun, pedagang harus berjualan di tempat yang sudah ditentukan KBS. Yakni, di sisi barat. Pedagang juga diminta tidak membawa gerobak yang bisa memakan tempat parkir. “Aku paham Pak-Buk. Aku yo wong pasar, ibukku dodol sego. Tapi, ayo mlaku sing tertib,” ujar pria yang pernah menjadi Dirut PDAM Kabupaten Pasuruan itu.

Para pedagang langsung bertepuk tangan. Mereka menyalami Chairul bergantian dan berterima kasih. Mereka berjanji tertib sesuai aturan yang ditentukan KBS.

Chairul mengatakan bahwa pengunjung KBS bakal tetap menggunakan sejumlah jalan raya saat libur Lebaran. Dia sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan untuk mengatur arus lalu lintas. Hal tersebut terpaksa dilakukan karena pembangunan gedung parkir di selatan KBS belum rampung. “Kalau sudah bisa digunakan, nanti persoalan parkir bisa teratasi,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sal/c7/eko


Close Ads