JawaPos Radar

Luberan Minyak Mentah Ancam Sawah Warga

28/04/2018, 16:04 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Minyak Mentah
Petugas melakukan penyedotan tumpahan minyak dari sumur ilegal di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, Sabtu (28/4). (Dok. BPBA for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ledakan sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, hingga kini masih menyisakan persoalan. Semburan api memang sudah berhasil dipadamkan. Nammun sumur ilegal itu terus mengeluarkan minyak.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) lantas bergerak. Mereka menyedot minyak bercampur lumpur. Hal ini untuk mengatisipasi aliran minyak masuk ke persawahan warga.

“Proses penyedotan minyak dibawa ke tempat penampungan, agar tidak meluber ke sawah,” kata Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Sabtu (28/4).

Minyak Mentah
Luberan minyak dari sumur ilegal di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur. (Dok. BPBA for JawaPos.com)

Selain melakukan penyedotan, petugas juga membuat semacam kanal atau parit di area badan jalan dari sumber sumur minyak yang meledak. Upaya ini dimaksudkan untuk membendung aliran minyak agar tidak langsung masuk sawah warga. “Kanalnya ada di bagian kiri dan kanan jalan,” ujar Teuku.

Semburan api dari sumur ilegal memang sudah padam. Namun hingga kini sumur yang digali warga secara tradisional itu terus mengeluarkan minyak dan gas. “Suasana pagi ini, semburannya terdiri dari minyak dan sedikit gas,” ungkapnya.

Sebelumnya, semburan api setinggi 75 meter dari ledakan sumur minyak berhasil padam pada Kamis (26/4) sekitar pukul 05.00 WIB. Peristiwa ledakan sumur minyak sendiri tejadi pada Rabu (24/4) sekitar pukul 02.00 WIB. Ketika itu, warga tengah ramai mengambil minyak mentah dari salah satu sumur.

Akibat kejadian ini sedikitnya lima rumah warga terbakar. Sementara korban mencapai puluhan orang. Terdiri atas 21 korban tewas dan 38 korban luka. Korban luka dirawat di beberapa rumah sakit di Aceh.

(mal/JPC)

Alur Cerita Berita

Api Diduga dari Pengelasan Pipa 28/04/2018, 16:04 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up