JawaPos Radar

Petugas Haji Balikpapan Mulai Diseleksi

28/04/2016, 08:50 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Petugas Haji Balikpapan Mulai Diseleksi
Ilustrasi (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Rekrutmen petugas haji Indonesia 2016 sudah mulai dilakukan di Balikpapan, Kalimatan Timur, Rabu (27/4). Dari 11 berkas pelamar yang masuk, terpilih 10 peserta untuk mengikuti tes tulis.

Seleksi awal berkas dilaksanakan sejak 18-21 April. Para pelamar merupakan pegawai Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan. Yakni pegawai PNS, Kemenag, madrasah, maupun Kantor Urusan Agama (KUA).

Sepuluh peserta dinyatakan memenuhi persyaratan. Di antaranya bekerja minimal 10 tahun, berusia 33-57 tahun, diutamakan telah menunaikan haji, mempunyai kompetensi dengan menunjukkan sertifikat dan bimbingan bahasa, serta memiliki kemampuan manajerial.

Tes tulis kemarin berisi tentang pengetahuan umum ibadah haji. “Paling banyak peserta dari Kemenag,” ujar ketua panitia sekaligus Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Balikpapan Shaleh.

Dari 10 pelamar akan dipilih 6 peserta terbaik untuk mengikuti tes kompetensi dan wawancara di Kanwil Kemenag Kaltim, Samarinda, 12 Mei mendatang. “Mereka akan menjadi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) sebagai ketua kloter dan Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH) untuk membimbing ibadah jamaah,” ungkapnya.

Setelah lolos seleksi provinsi, mereka akan bertugas mendampingi jamaah dalam kloter untuk satu kali perjalanan. TPHI akan memimpin dan berangkat bersama 360 calon jamaah dalam satu kloter beserta dengan TPIH dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

“Mereka akan menemani ibadah haji selama 40 hari. Jadwal keberangkatan tiap petugas berbeda. Karena ada tiga kali keberangkatan. Mereka akan bertugas di salah satu kloter,” tuturnya. (ane/fir/k15/yuz/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up