JawaPos Radar

Transaksi Sabu di Indekos, Tiga Pria Dibekuk Polisi

28/03/2018, 19:19 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
sabu tarakan
Ketiga pelaku berada di Mapolres Tarakan usai dibekuk petugas di salah satu indekos di Karang Anyar Pantai. (Eliazar/Kaltara Pos)
Share this image

JawaPos.com - Aparat Satreskoba Polres Tarakan membekuk tiga pria di indekos Kelurahan Karanga Anyar Pantai. Ketiga pelaku dibekuk usai melakukan transaksi sabu-sabu, Senin (26/3).

Paur Subbag Humas Polres Tarakan Ipda Taharman mengatakan, tiga pria yang berhasil diamankan berinisial AS, AD dan RU. Ketiganya sering menjadikan kamar indekos sebagai tempat transaksi narkotika jenis sabu-sabu.

“Sebelum ketiga pelaku ini diamankan oleh anggota Satreskoba, para pelaku sudah menjadi Target Operasi (TO). Apalagi sering masuknya laporan dari masyarakat kepada polisi bahwa di tempat tersebut sering dijadikan tempat transaksi sabu-sabu,” katanya dikutip dari Prokal, Rabu (28/3).

Sebelum dilakukan penggerebekan, anggota Reskoba sudah beberapa kali melakukan penyelidikan terlebih dahulu terhadap gerak-gerik di indekos tersebut. Hasilnya, memang hampir setiap malam banyak yang mondar-mandir di indekos tersebut.

“Sebelum ketiga pelaku diamankan, anggota kita sudah membuntuti pelaku dan memang ada yang mencurigakan. Karena sudah yakin, akhirnya anggota melakukan penggerebekan,” terang Taharman.

Saat digerebek, AS, AD, dan RU sedang berada di dalam indekos dan saat melihat polisi sudah masuk ke dalam indekos, ketiganya hanya pasrah tidak berkutik melihat petugas langsung melakukan pengeledahan terhadap indekos tersebut.

"Dari hasil penggeledahan, anggota kita mendapatkan satu bungkus sabu-sabu dengan berat 1,18 gram yang disimpan di lantai kamar kos. Setelah mendapatkan BB, ketiga pelaku beserta BB selanjutnya digiring ke Mako Polres Tarakan," tutur pria dengan balok satu di pundaknya itu.

Taharman menambahkan, dari pengakuan ketiga pelaku, mereka hanya sebagai kurir dan mendapatkan sabu-sabu tersebut dari seseorang. Hingga saat itu, bandar yang diduga sering menyuplai sabu-sabu kepada ketiga pelaku masih dalam incaran polisi. Selain itu, ketiga pelaku juga mengakui sebelum ditangkap polisi, mereka sudah melakukan pesta sabu-sabu di indekos.

Dari hasil pengeledaaan, polisi juga berhasil menyita barang bukti lainnya berupa tiga unit HP, plastik pembungkus, gunting, timbangan digital, alat isap atau bong, dan uang tunai Rp 1 juta.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga pelaku kita jerat dengan Pasal 114 Ayat (1) Sub Pasal 112 ayat (1) UURI Nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman lima tahun kurungan penjara," pungkasnya.

(fab/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up