JawaPos Radar

Pemerintah Aceh Berencana Ganti Kerugian Masyarakat Jika Listrik Padam

28/03/2018, 16:49 WIB | Editor: Budi Warsito
Pemerintah Aceh Berencana Ganti Kerugian Masyarakat Jika Listrik Padam
Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah (kanan). (Murti Ali Lingga/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh kini tengah menyoroti ihwal pemadaman listrik yang kerap terjadi di wilayahnya. Terkait dengan pemadaman listrik itu, Pemprov Aceh mewacanakan akan memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang terdampak pemadaman.

Wacana tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian serta perhatian kepada masyarakat. "Saya dan SKPA terkait akan membahasnya. Sudah saatnya kita kalau ada pemadaman ada wadah komplain yang bisa secara efektif untuk mengganti kerugian," kata Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah di ruang kerjanya, Banda Aceh, Rabu (28/3).

Nova menjelaskan, rencana tersebut masih sebatas wacana. Pihaknya dalam waktu dekat akan membahas dan mempelajari lebih jauh. "Tapi itu baru akan dibicarakan dan baru wacana. Lepas dari perangkat hukum yang ada, jadi kita mau inovasi sistemik terhadap masalah ini," kata Nova.

Dia menuturkan, terkait wacana ini pihaknya akan membahasnya dengan
Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan elemen terkait. Sehingga wacana ini bisa dipelajari dan diwujudkan.

"Apa bisa diberlakukan class action (gugatan perwakilan kelompok). Saat ini, class action memang sudah ada tapi belum spesifik," terangnya.

Nova menambahkan, terkait wacana ini ia akan meminta arahan dan petunjukkan kepada Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Di samping itu, dirinya juga mengaku perihatin atas pemadaman listrik yang selama ini terjadi. Ia juga berharap masalah ini segera teratasi.

"Kita perihatin, tidak juga sekedar prihatin. Mungkin ada badan-badan yang akan mengadvokasi rakyat untuk mengatasi kerugian apabila dirugikan dengan pemadaman listrik," pungkasnya.

Seperti ketahui, sejak beberapa hari terakhir Aceh mengalami pemadaman listrik. Ini terjadi kerena terdapat masalah atau gangguan pada transmisi di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara (Sumut).

(mal/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up