JawaPos Radar

1.000 Personel Siap Amankan Jokowi di Malang

28/03/2018, 10:07 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pengamanan Presiden Jokowi
SIAP: Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo saat apel gelar pasukan di lapangan Rampal, Kota Malang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (28/3). Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan.

Setidaknya ada 1.000 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan orang nomor satu di Indonesia itu. "Dari unsur TNI dan juga Polri," kata Kepala Penerangan Korem 083/Baladhika Jaya Mayor M Thohir kepada JawaPos.com usai apel pasukan di lapangan Rampal, Kota Malang.

Apel pagi ini merupakan pengecekan kesiapan pasukan untuk menyambut VVIP. Usai apel, dilaksanakan pemeriksaan di titik-titik yang sudah ditentukan. "Dicek, sejauh mana kesiapannya. Apa kekurangannya," imbuh Thohir.

Untuk sterilisasi jalan di sekitar venue acara, biasanya dilakukan minimal dua jam sebelum kegiatan. Namun, Thohir tidak bisa memastikan karena tergantung dengan kondisi di lapangan. "Biasanya minimal dua jam sebelum kegiatan," katanya.

Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo menambahkan, apel pasukan merupakan wujud kesiapan TNI dan Polri dalam pengamanan kunjungan Presiden RI di wilayah Malang. Selain itu, sarana konsolidasi personel dan untuk pengecekan kelengkapan sebelum menjalankan tugas dilapangan.

Meskipun sudah sering melaksanakan pengamanan kunjungan Presiden RI, para personel TNI dan Polri diimbau tidak lengah dan jangan dianggap hal biasa. "Kegiatan pengamanan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Semoga dapat berjalan lancar dan aman. Merupakan kesuksesan kami bersama," tegas Bagus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com, Jokowi memiliki beberapa agenda di Kota Malang. Setelah tiba di Lanud Abdulrachman Saleh yang dijadwal pukul 14.50, Presiden Jokowi langsung menuju GOR Ken Arok, Kedungkandang, Kota Malang. Di sana, Jokowi akan membagikan sertifikat kepada warga.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up