alexametrics

Temuan dari Situs Srigading Disimpan di Museum Singhasari Malang

28 Februari 2022, 18:07:29 WIB

JawaPos.com–Sejumlah temuan dari situs Srigading di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, hasil ekskavasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur disimpan di Museum Singhasari Malang.

Pamong Budaya Ahli Muda Museum Singasari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Yossi Indra Herdyanto mengatakan, telah melakukan pengamanan terhadap sejumlah temuan dari situs Srigading. ”Kami telah melakukan pengamanan terhadap sejumlah barang temuan dari situs Srigading. Kami tidak mengambil, namun lebih ke arah pengamanan (agar tidak hilang),” kata Yossi seperti dilansir dari Antara di Kabupaten Malang, Senin (28/2).

Yossi menjelaskan, sejumlah temuan dari situs Srigading berupa relief yang terbuat dari batu bata berbentuk wajah, batu ambang pintu, batu relung, dan lainnya, saat ini disimpan di Museum Singhasari di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Dia menambahkan, pengamanan terhadap sejumlah temuan tersebut perlu dilakukan agar benda-benda yang diperkirakan dibuat pada abad ke-10 masehi tersebut tidak hilang dan tetap terjaga dengan baik.

”Nanti, jika di desa sudah memiliki tempat yang layak dan aman, bisa diambil kembali dari Museum Singhasari,” tutur Yossi Indra Herdyanto.

Selain itu, sejumlah temuan yang saat ini disimpan di Museum Singhasari juga dilakukan pendataan dan dibersihkan. Kemudian, akan dilakukan pengukuran dimensi, pengambilan foto untuk dokumentasi yang akan dipergunakan sebagai laporan kepada BPCB Jawa Timur.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads