alexametrics

Wapres JK: Korban Meninggal Bencana Sulsel Dapat Santuan Rp 15 Juta

28 Januari 2019, 09:35:04 WIB

JawaPos.com – Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) menginstruksikan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) agar segera menjalankan program santunan bagi keluarga korban yang meninggal akibat bencana banjir hingga longsor di beberapa daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Santunan akan diberikan Kemensos melalui pemerintah masing-masing daerah untuk mendata total keseluruhan korban terdampak bencana. Setelah proses verifikasi seluruh korban rampung, bantuan langsung tersalur. “Kemensos akan memberi santunan Rp 15 juta per orang untuk korban yang keluarganya meninggal,” kata JK, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (28/1).

Pemerintah, sebelumnya menetapkan masa tanggap darurat bencana di Sulsel akan berakhir hingga Selasa (29/1) besok. Namun, tidak menutup kemungkinan pemerintah memperpanjang status itu jika kondisi dianggap belum membaik.

Di tahap itu lanjut JK, pemerintah masing-masing daerah bertahap memebenahi semua kerusakan infrastruktur yang rusak akibat terjangan banjir hingga longsor. Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) diinstruksikan bergerak untuk membantu daerah dalam proses perbaikan pemulihan.

“Semua fasilitas umum mulai dari jembatan, bendungan akan segera diperbaiki oleh kementerian PU dan itu bersama-sama Pak Gubernur Nurdin Abdullah,” terang JK.

JK sebelumnya, telah melakukan peninjauan langsung disejumlah lokasi terdampak utama banjir di Sulsel, khususnya di Kabupaten Gowa, Minggu (28/1) kemarin. Peninjauan di antaranya, di kawasan Waduk Bili-Bili di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Saat meninjau, orang nomor dua di Indonesia ini dampingi sejumlah pimpinan daerah. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal.

JK juga didampingi langsung sejumlah kabinet kerjanya. Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto.

Merujuk pada data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Minggu (27/1) kemarin, korban meninggal dunia tercatat mencapai 68 orang. 7 orang hilang, 47 orang luka-luka dan 6.757 orang mengungsi.

Banjir juga telah menyebabkan 188 desa terdampak di 71 kecamatan yang tersebar di 13 kabupaten/kota se-Sulsel. Tak hanya korban jiwa bencana juga mengakibatkan infrastruktur, hingga lahan persawahan rusak. Daerah yang paling parah mengalami dampak banjir dan longsor adalah Kabupaten Gowa, Jeneponto dan Kota Makassar.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sahrul Ramadan


Close Ads
Wapres JK: Korban Meninggal Bencana Sulsel Dapat Santuan Rp 15 Juta