alexametrics

Ricuh Konvoi Simpatisan PDIP di Jogja, Polda: Itu Kenakalan Remaja

28 Januari 2019, 17:12:26 WIB

JawaPos.com – Kepolisian Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) masih melakukan penyelidikan atas terjadinya insiden sewaktu konvoi simpatisan PDI Perjuangan di Kota Jogjakarta pada Minggu (27/1) sore. Setidaknya terdeteksi 5 titik kerusuhan dalam peristiwa tersebut.

Wakapolda DIJ, Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno mengatakan, titik-titik kerusuhan itu di antaranya di Kecamatan Ngampilan, dan Nitikan. “Ada beberapa tempat, kurang lebih ada 5 titik. Itu kenakalan remaja lah, saya katakan seperti itu. Tapi mereka dilaporkan secara hukum,” katanya, Senin (28/1).

Sebagaimana diketahui, elemen Aliansi Masyarakat Yogyakarta mengadakan acara ‘Deklarasi Jogja Dukung Jokowi’ pada Minggu (27/1) di kompleks Stadion Mandala Krida Jogja. Seusai acara, sejumlah bentrokan menurut laporan kepolisian terjadi di sejumlah lokasi. Peristiwa tersebut terjadi di jalanan sekitar Kota Jogja.

“Jadi mereka pulang dari Mandala (Stadion), rata-rata mereka masih remaja. Tidak ada maksud apa-apa. Kami atensi semua, untuk menjaga kondisi yang stabil jelang pemilu,” katanya.

Lanjutnya, peristiwa juga sempat terjadi di sekitar Masjid Jogokariyan, Kota Jogjakarta. Namun kejadiannya berada di luar masjid, dan bukan pelemparan batu ke masjid. “Di masjid itu di luar, tidak serta-merta dilempari. Sudah diselesaikan muspika di situ. Ada Danramil dan Kapolsek sudah tidak ada masalah,” katanya.

Dari peristiwa ini, masih belum ada yang diamankan. Selain itu juga belum ada laporan adanya kerusakan. “Nggak ada perusakan, hanya luka bacok malah yang ikut di Mandala,” katanya.

Atas peristiwa ini, lanjutnya, akan menjadi pengalaman untuk meningkatkan keamanan. Terlebih mendekati Pemilu nanti. “Kami akan tambahkan anggota, itu izinnya 2 ribu yang datangnya 10 ribu. Tidak diperkirakan, ada pengamanan yang perlu ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PDI Perjuangan DIJ Bambang Praswanto menambahkan, pihaknya mempercayakan kepada pihak kepolisian atas kasus ini. “Tunggu hasil investigasi dari kepolisian. Saya kira polisi sudah membuat (tim investigasi). Mengusut dengan tuntas, siapa yang melakukan, memprovokasi, dan siapa yang salah,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads
Ricuh Konvoi Simpatisan PDIP di Jogja, Polda: Itu Kenakalan Remaja