alexametrics

Ketua RW Bocorkan Lokasi Gereja dan Resepsi Pernikahan Ahok-Puput

28 Januari 2019, 11:58:44 WIB

JawaPosm.com – Kabar rencana pernikahan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dengan mantan polwan, Puput Nastiti Devi semakin santer terdengar. Pihak keluarga Puput pun sudah memberikan kabar baik rencana pernikahan keduanya.

Hanya saja, hingga saat ini belum diketahui pasti kapan dan di mana tempat Ahok dan Puput melangsungkan pernikahan. Bisa jadi, saat ini pihak keluarga Puput masih mengurus proses administrasi rencana pernikahan. Khususnya, terkait status pindah agama Puput di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

Rencana kapan pernikahan mantan Gubernur DKI Jakarta dengan Puput pun belum diketahui oleh pihak RW 09 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Menurut Ketua RW 09 Pasir Gunung Selatan Marjuki, pihak keluarga Puput belum pernah meminta surat izin numpang menikah. Sebagai ketua RW tempat tinggal Puput, dirinya belum mengeluarkan surat izin numpang menikah untuk ditembuskan ke kantor kecamatan atau kelurahan.

“Puput dan orang tuanya, Pak Teguh, tidak pernah berkunjung ke sini (RW 09) untuk membahas rencana pernikahan kapan waktu menikah dan di mana tempat untuk melangsungkan pernikahan Ahok dan Puput. Kami hanya tahu dari kabar tetangga dan media saja,” ujarnya saat ditemui JawaPos.com, di kediamannya, Senin (28/1).

Akan tetapi, Marjuki membenarkan jika Puput berencana akan menikah. Hal itu diketahui saat Ketua RT 01 RW 09, Nurcahyo meminta surat belum pernah menikah untuk Puput ke padanya pada 21 Januari 2019.

“Rencana menikah Puput dan Ahok, saya tahunya saat itu Puput meminta surat belum pernah menikah. Itu pun diwakili oleh ketua RT-nya,” terangnya.

Selain surat belum pernah menikah, belum ada surat lain yang dikeluarkan oleh Ketua RW 09. Marjuki mengatakan, izin menikah bisa diproses langsung oleh pihak kelurahan. Hal tersebut memang sah.

Akan tetapi, Puput sebagai warga RW 09 Kelurahan Pasir Gunung Selatan seharusnya memberi tahu dan memenuhi proses administrasinya. Mengingat, kebiasaan warganya bila ada yang mau menikah melapor terlebih dahulu kepada ketua RW.

“Menurut prosedur ya warga mau menikah baiknya berkunjung ke RW lebih dulu. RW tidak perlu tahu banget soal pernikahan Puput dan Ahok. Tapi ya, saya senang bila ada warga yang mau menikah atau sekadar memohon doa restu,” ucap Marjuki.

Dia menambahkan, terkait kepindahan status agama Puput, Marjuki tidak mengetahui pasti. Hanya saja, dia tahu rencana kepindahan status agama Puput untuk melangsungkan pernikahan dengan Ahok dari kabar yang beredar.

Menurutnya, bila status kepindahan agama itu diproses langsung oleh Disdukcapil Kota Depok. Namun demikian demikian, apabila keyakinan Puput pindah menjadi Nasrani, maka kemungkinan besar izin menikah akan diproses di gereja tempat untuk melangsungkan pernikahan mereka.

“Nah, sejauh ini kami nggak dapat tembusan dari Puput kapan menikah dan urus pernikahannya di mana. Informasi dari warga sih, Puput akan menikah di gereja di tempatnya Pak Ahok. Kalau resepsinya sih di Jawa, tempat keluarganya Pak Teguh,” kata Marjuki.

Sebelumnya, Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten membenarkan jika Ahok dan Puput akan menyelenggarakan pernikahan di Menteng, Jakarta Pusat.

Aslih pun membenarkan jika semua persyaratan dari kelurahannya sudah diurus keluarga pihak perempuan. Bahkan, dia menjelaskan ayahanda dari Puput yaitu Aiptu Teguh Sriyono yang mengurusi pemberkasan.

“Oh, iya saya waktu membuat keterangan memang dari KTP KK bapaknya yang ngurus. Jadi dia itu nanti tercatat juga nikah di Disduk Menteng,” ungkapnya saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (25/1).

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Ketua RW Bocorkan Lokasi Gereja dan Resepsi Pernikahan Ahok-Puput