JawaPos Radar

Kawasan Seribu Rumah Gadang Menuju Warisan Dunia

28/01/2018, 02:07 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Seribu Rumah Gadang
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beberapa waktu lalu di depan salah satu rumah gadang kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) di Kabupaten Solok Selatan (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Keunikan kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG), mendorong semangat Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengusulkan rumah adat tersebut untuk dijadikan warisan dunia (World Heritage) pada UNESCO.

Menyongsong pengakuan itu, Pemkab setempat menggandeng Team Fakulti Alam Bina dari University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, kawasan SRG memiliki warisan budaya yang kaya dengan lingkungan alam bervariasi. SRG juga masih memiliki jumlah dan banyak ragam rumah gadang yang selayaknya dijaga dan diawasi untuk dijadikan sebuah warisan.

"SRG mempunyai ciri khas Minangkabau, bahkan telah didaulat sebagai kampung adat terpopuler di Indonesia. Pantas rasanya dijadikan warisan dunia," kata Muzni Zakaria kepada awak media, Sabtu (27/1).

Pihak Alam Bina dari University of Malaya kata Bupati, siap membantu kawasan SRG menjadi warisan dunia. Namun, harus memenuhi setidaknya satu dari sepuluh kriteria pilihan yang ditetapkan dalam UNESCO World Heritage. "Katanya, SRG sudah memiliki tiga kriteria yang disyaratkan," jelas Bupati dua periode itu.

Pertama lanjut Muzni, SRG dianggap telah memiliki latar belakang budaya tradisional. Lalu, tipologi bangunan dengan arsitektur yang unik dan terakhir merupakan perkampungan tradisional yang masih hidup dan berlaku di lingkungan itu."Tiga kriteria ini akan menjadi modal penting bagi SRG masuk dalam situs warisan dunia," katanya.

Keinginannya tersebut tidak main-main. Bahkan dikabarkan Tim dari UNESCO akan meninjau SRS pada akhir Januari ini. "Kalau tidak ada kendala, akhir Januari 2018 ini, tim dari Unesco akan meninjau lokasi SRG," pungkasnya.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up