alexametrics

Bantuan untuk Pengungsi Semeru Kerap Dijarah dan Dijual ke Tempat Lain

Harta Pengungsi Erupsi Semeru Dicuri
27 Desember 2021, 14:21:21 WIB

JawaPos.com – “Sudah jatuh ditimpa tangga pula”. Nasib korban erupsi Gunung Semeru sepertinya pepatah tersebut. Pasalnya, rumahnya yang ditinggal saat mengungsi kerap dicuri atau dijarah orang tak bertanggung jawab.

Faiqotul Himma, 21, salah seorang pengungsi Semeru menuturkan, sejumlah warga yang mengungsi karena rumahnya rawan terkena erupsi Semeru kehilangan harta benda. Kehilangan bukan ditimpa debu erupsi, melainkan dicuri. Selain barang, hewan ternak pun disikat pencuri.

Menurut Faiqotul Himma, aksi pencurian itu akibat lemahnya penjagaan aparat atas rumah-rumah yang ditinggalkan mengungsi. Atas kejadian itu kini warga menggalang penjagaan mandiri.

“Kaum lelaki bertahan di titik-titik masuk menuju permukiman mereka,” tandas mahasiswi yang juga warga Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu, Senin (27/12). Desa Sumberwuluh masuk dalam zona merah aliran lahar Semeru.

Selain pencurian, imbuh perempuan yang biasa disapa Fafa itu, warga selain pengungsi kerap mengambil barang bantuan. Kemudian barang itu dijual lagi ke luar daerah bencana.

“Niat petugas di posko bagus dengan meminta identitas pengambil bantuan sebagai verifikasi, namun kenyataannya justru memudahkan mereka yang berniat jahat mengambil bantuan di posko. Sedangkan korban yang mungkin saja harta benda dan kartu identitasnya hilang dalam bencana tak bisa mengambil bantuan itu,” keluhnya.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads