alexametrics

Usai Uji Coba, Jalan Raya Gubeng Dipasang Rambu

27 Desember 2018, 15:25:20 WIB

JawaPos.com – Perbaikan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, masih berlangsung usai ambles beberapa hari lalu. Proses pengaspalan masih dilakukan pada seluruh badan jalan.

Di sisi Timur, badan jalan sudah rampung sekitar 90 persen. Selanjutnya dilakukan diuji coba pada Kamis (27/12) ini pukul 15.00 WIB. Sedangkan di sisi Barat, pengerjaan tinggal menunggu pemasangan box culvert dan steel sheet pile.

Jika hasil uji coba menyatakan kelayakan fisik badan jalan, Dinas Perhubungan (Dsihub) Surabaya akan memasang sejumlah perangkat. Seperti memasang pembatas jalan, rambu lalu lintas, dan marka jalan.

“Termasuk penerangan. Untuk itu, hasil uji coba atau kelaikan jalannya nanti dapat dipertanggungjawabkan. Lajurnya ada lima. Ada lajur sepeda ontel di sisi kanan dan kiri jalan,” kata Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat di Jalan Raya Gubeng, Surabaya.

Tim kelayakan jalan dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (BBPJN 8) akan turut memberikan penilaian atas uji coba Jalan Raya Gubeng. Adapun penilaiannya meliputi kekuatan badan jalan, pembebanan jalan yang memenuhi syarat, kelengkapan rambu, marka, dan PJU.

“Ada juga pengawasan pergerakan tanah dan lain-lain. Tapi paling tidak sisi Timur badan jalan ini sudah dapat difungsikan. Kami nanti yang memastikan pemasangan rambu dan marka jalan,” ucap Irvan.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan menambahkan, untuk sisi Barat memang belum sepenuhnya berfungsi. Masih ada box culvert dan steel sheet pile yang belum dipasang.

“Ini strategis sekali. Karena sebagai penyangga bila ada tekanan di atas jalan (sisi Barat) tersebut. Supaya nggak longsor ke kiri (sisi Barat). Kalau semua itu sudah selesai, daapt difungsikan,” sambung Rudi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Usai Uji Coba, Jalan Raya Gubeng Dipasang Rambu