alexametrics

Salut! Kerja Keras Terbayar Lunas, Raya Gubeng Sudah Dibuka untuk Umum

27 Desember 2018, 20:28:22 WIB

JawaPos.com- Kerja keras semua pihak untuk mengembalikan fungsi Jalan Raya Gubeng terbayar lunas, Kamis (27/12). Jalan yang menghubungkan kawasan Surabaya Timur dengan Pusat itu akhirnya sudah bisa dilalui kendaraan. Kendati baru separo ruas jalan yang bisa dilintasi, namun apresisasi layak diberikan kepada petugas lapangan yang bekerja 24 jam nonstop.

Dari pantauan JawaPos.com Kamis malam (27/12), jalan tersebut mulai dibuka sekitar pukul 18.00 WIB. Hujan yang mengguyur Kota Pahlawan sejak sore hari, tak menyurutkan petugas untuk tetap mengatur kendaraan yang melintas di sana. Sinkhole Surabaya sudah rata dengan aspal.

Aspal jalan tampak masih basah akibat guyuran hujan. Marka jalan masih terlihat kinyis-kinyis, putih cerah. Deretan water barrier berwarna oranye menyala terang tersorot lampu kendaraan.

Raya Gubeng Sudah Dibuka
Kendaraan secara tertib melaju di Jalan Raya Gubeng, Kamis malam (27/12). (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)

Sejumlah polantas tampak mengarahkan kendaraan agar masuk ke dalam sisi Timur (depan BNI dan Toko Elizabeth). Di sisi Barat jalan, masih ada pembatas seng. Di dekatnya masih ada alat berat. Lokasi itu merupakan proyek yang digarap PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE). NKE tetap diberi space untuk memperbaiki proyeknya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya mengerahkan personil keamanan yang terdiri dari BPD Linmas dan Satpol PP. Mereka akan berjaga di posko di Jalan Sumbawa dan Jalan Bali.

“Ada juga polisi yang mengarahkan. Karena, (jalannya) menyempit. Dari empat (lajur) jadi dua,” kata Risma di lokasi.

Risma mengatakan, memang hanya dua lajur itu yang terbuka untuk umum. Sebab, seluruh pekerja masih melakukan pemasangan sheet steel pile dan pengaspalan di badan jalan sisi Barat.

“Saya minta masyarakat dan pengendara kendaraan tidak berhenti. Supaya nggak mengganggu lalu lintas. Maksudnya, nggak memperlambat (lalu lintas),” tambah perempuan asal Kediri itu.

Di tempat yang sama, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan menerangkan, pihaknya juga melakukan penjagaan di sepanjang Jalan Raya Gubeng yang baru saja diperbaiki. Supaya tidak ada masyarakat yang mencoba berhenti dan bahkan berswafoto di lokasi tersebut.

“Kami kerjasama dengan pemkot memasang public address (imbauan) agar masyarakat tidak menonton aktivitas ini. Jadi, personel kami akan siaga di sini,” terang Rudi

Terkait kondisi badan jalan, Rudi memastikan bahwa jalan itu sudah mampu menahan beban kendaraan. Untuk itu, lajur jalan tersebut akan terbuka seterusnya.

“Jadi kami uji coba sekaligus membuka jalannya untuk umum. Ya, seterusnya kami buka. Untuk sisi barat jalan, kami siapkan dahulu supaya aman,” tambah alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1993 tersebut.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Salut! Kerja Keras Terbayar Lunas, Raya Gubeng Sudah Dibuka untuk Umum