alexametrics

400 Ribu Wisatawan Serbu Sleman

27 Desember 2018, 12:19:20 WIB

JawaPos.com – Kunjungan wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru 2019. Setidaknya lebih dari 400 ribu wisatawan datang ke berbagai destinasi. Mulai di lereng Gunung Merapi hingga perbukitan di Kecamatan Prambanan.

“Khusus masa Natal, belum tahun baru. Meningkat lebih dari 400 ribu (wisatawan). Tapi kalau destinasinya mana saja yang banyak dikunjungi, belum kami rinci,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (27/12).

Namun destinasi wisata yang menonjol kunjungannya terpantau di Tebing Breksi, Kecamatan Prambanan. Kemudian 31 desa wisata yang tersebar hampir di seluruh kecamatan dan Kaliurang. “Untuk tahun baru nanti kami siapkan beberapa atraksi yang disiapkan di objek wisata Kaliurang,” ungkap Sudarningsih.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan tertinggi selama libur Natal terjadi pada Minggu (23/12) lalu. Kemudian hari selanjutnya hingga Kamis (27/12) mengalami penurunan.

Ia tak merinci tempat mana saja yang menurun kunjungannya dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun yang paling dirasakan adalah di objek wisata pantai.

“Penurunan saya tanya ke beberapa orang, karena dampak tsunami Banten. Otomatis karena ada kejadian itu psikologis orang memilih untuk menunda terlebih dahulu pergi ke pantai sampai kondisi aman,” papar Asti.

Meski menurun, Asti tetap optimistis target kunjungan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019 bisa tercapai. Yakni sebanyak 344 ribu orang datang ke wisata Gunungkidul. Baik pantai maupun objek-objek lainnya. “Puncaknya nanti malam tahun baru sama tanggal 1 (Januari 2019). Pantai biasanya yang paling ramai di Baron dan Indrayanti,” ucapnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (dho/JPC)


Close Ads
400 Ribu Wisatawan Serbu Sleman