JawaPos Radar

Hadapi Bencana di Malang, 600 Personel Disiagakan

27/12/2017, 20:54 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Apel Siaga Bencana
SIAGA: Sekitar 600 personel gabungan bertekad amankan bencana di Malang (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Sebanyak 600 personel dari unsur gabungan disiagakan guna menghadapi bencana di Kota Malang.

Persiapan antisipasi bencana tersebut dilakukan dengan menggelar apel siaga bencana di Lapangan Satya Haprabu, Mapolres Malang, Rabu (27/12). 

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menjelaskan pengerahan ratusan personel tersebut dalam rangka antisipasi untuk menghadapi bencana. Terlebih curah dengan intensitas tinggi diprediksi masih melanda pada bulan Januari 2018 mendatang.

Adapun personel yang dilibatkan yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, Tagana, SAR, TNI, Polri dan unsur relawan lainnya. 

“Ini semua dilakukan sebagai antisipasi bencana di Malang,” katanya usai apel, Rabu (27/12).

Hasil pemetaan di lapangan, Kabupaten Malang mempunyai segudang potensi bencana. Mulai dari tanah longsor di Donomulyo dan Poncokusumo hingga banjir di wilayah Sumbermanjing Wetan dan Tirtoyudo serta Ampelgading. 

“Maka dari itu, semua unsur harus berkonsolidasi dengan baik,” paparnya.

Dia menegaskan, Polri harus koordinasi dengan TNI dan semua stakeholder di bidang kebencanaan. Misalnya saja BPBD, Tagana, PMI, pemadam kebakaran dan unsur lainnya. 

"Apel siaga bencana ini tujuannya untuk menyamakan persepsi unsur dan petugas untuk menangani bencana alam," ungkap dia.

Ujung menjelaskan, telah memerintahkan jajaran di bawahnya, termasuk Kapolsek di wilayah hukum Polres Malang dan seluruh anggota Polri agar berkoordinasi dengan semua unsur terkait kebencanaan. 

Koordinasi ini, lanjut dia, bertujuan untuk menyamakan persepsi. Sehingga, nanti jika ada kejadian bencana mampu mengambil langkah tepat bersama. 

"Jika ada kejadian mau ngapain, nah ini yang harus disamakan. Persamaan persepsi ini tidak muncul begitu saja. Harus sering ketemu di lapangan," tegas dia.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up