alexametrics

Pengerjaan Overpass Manahan Capai 93 Persen

27 November 2018, 09:46:54 WIB

JawaPos.com – PT Yasa Patria Perkasa menargetkan proyek overpass Manahan rampung awal Desember mendatang. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 93 persen.

Bagian K3 PT Yasa Patria Perkasa Aditiya Handoko mengungkapkan, proyek overpass sudah masuk tahap penyelesaian. Secara keseluruhan, proyek diperkirakan rampung pada 10 Desember mendatang.

Tetapi sebelum dioperasionalkan, jalan layang itu akan ada pengujian terlebih dahulu. “Nanti dilakukan uji beban bergerak dan uji beban diam,” terang Aditiya kepada JawaPos.com, Selasa (27/11).

Pengujian akan melibatkan 20 hingga 30 truk. Muatan setiap truknya lebih kurang 3,5 ton. Pengujian ditujukan untuk memastikan kekuatan konstruksi overpass.

Kemudian untuk operasionalnya, rencananya mulai awal Desember mendatang. “Setelah pengujian, operasional akan dilakukan awal Januari 2019 mendatang,” imbuh Aditiya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, setelah overpass terbangun otomatis perlintasan sebidang jalur kereta api akan ditutup. Sebab sesuai aturan, perlintasan sebidang memang sudah tidak diperbolehkan. “Ya harusnya ditutup. Karena perlintasan sebidang memang sudah tidak diperbolehkan,” ungkap Rudy.

Sementara untuk mempercantik bangunan, overpass dihias dengan seni mural. Konsep yang digunakan dengan gambar wayang orang dipadu dengan grafis warna-warni.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Pengerjaan Overpass Manahan Capai 93 Persen