alexametrics

Lewati Kota Tua, PT MRT Janjikan Tidak Akan Rusak Cagar Budaya

27 Oktober 2018, 17:10:03 WIB

JawaPos.com – Peletakan batu pertama pembangunan Mass Rapit Transit (MRT) Fase II direncanakan dilakukan pada Desember mendatang. Rencananya MRT Fase II dengan rute Bundaran HI-Kampung Bandan tersebut akan melalui beberapa kawasan cagar budaya seperti Monas dan Kota Tua.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak yang berwenang. Hikmat menegaskan pihaknya tidak akan merusak cagar budaya yang telah berdiri bertahun-tahun lamanya.

Nggaklah, gini kalau koordinasi kita lakukan. Cuman kalau teknologinya kan di beberapa negara sudah pernah dilakukan dan tidak ada persoalan. Tentu yang namanya cagar budaya harus dijaga dong,” terangnya saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (27/10).

Seperti yang diketahui dalam fase II ini, ada delapan stasiun yang akan dilalui yaitu, Stasiun Sarinah, Stasiun Monas, Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Glodok, Stasiun Kota, dan Stasiun Kampung Bandan.

“Kita waktu buat feasibility study segala macam juga diperhitungkan, nggak boleh dong merusak. Nggak akan diizinin kalau punya potensi merusak itu,” tegas Hikmat.

Hikmat menjelaskan prinsipnya MRT dalam mengerjakan proyeknya fase II, tidak akan merusak cagar budaya apapun. Kalaupun ada area cagar budaya, pihaknya akan bertanggung jawab untuk menjaga. “Kalau masalah caranya itu banyak tekniknya. Artinya bukan pertama di Indonesia bahwa pekerjaan bawah tanah itu melewati atau di bawah gedung-gedung penting termasuk cagar budaya,” terangnya.

PT MRT dalam pembangunan fase II ini, jelas Hikmat, akan terus mempelajari teknologi yang berkembang untuk menghindari adanya kerusakan cagar budaya. Pihaknya akan terus berkordinasi dengan pengelola Kota Tua sehingga catatan-catatan yang ada, dapat diakomodir dalam pembangunan yang dimulai Desember mendatang.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Lewati Kota Tua, PT MRT Janjikan Tidak Akan Rusak Cagar Budaya