JawaPos Radar

Mahasiswa Baru Unsyiah Diberi Materi Bela Negara dan Anti Radikal

27/08/2018, 20:11 WIB | Editor: Budi Warsito
Mahasiswa Baru Unsyiah Diberi Materi Bela Negara dan Anti Radikal
Panglima Kodam Iskandar Muda menjadi salah satu pemateri untuk mahasiswa baru Unsyiah. (Dok Unsyiah for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 5.485 mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) jenjang diploma hingga sarjana mengikuti Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Senin (27/8). Kegiatan ini akan berlangsung sejak 27-29 Agustus ini.

Pada kegiatan ini, mahasiswa baru Unsyiah mendapatkan beberapa materi penting yang disampaikan oleh pihak yang berkompeten. Seperti Tataran Dasar Bela Negara, Wawasan Kebangsaan dan Sistem Pertahanan Semesta yang disampaikan oleh Panglima Kodam Iskandar Muda. Kemudian Bahaya Radikalisme dan Terorisme oleh Kapolda Aceh. 

Selain itu, mereka juga mendapatkan Pengetahuan Hukum Tindak Pidana Korupsi oleh Kajati Aceh, Empat Konsensus Dasar Kebangsaan oleh Kepala Kesbangpolinmas Aceh, Kerukunan Umat Beragama oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Aceh, serat Bahaya Narkoba dan Tindak Pidana Narkotika oleh  Kepala BNN Aceh.

Mahasiswa Baru Unsyiah Diberi Materi Bela Negara dan Anti Radikal
5.485 mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) jenjang diploma hingga sarjana mengikuti Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Senin (Dok Unsyiah for JawaPos.com)

Wakil Rektor I Unsyiah Marwan mengatakan, Pakarmaru yang merupakan kegiatan akademik tahunan Unsyiah dalam menyambut mahasiswa baru ini memang pelaksanaan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana mahasiswa dibagi dua gelombang. Namun, tahun ini semua mahasiswa baru berkumpul untuk melaksanakan kegiatan secara bersama.

“Sebenarnya inilah yang menjadi salah satu semangat Unsyiah, yaitu kebersamaan. Jadi dalam suasana Pakarmaru kita harapkan terbangun suasana kebersamaan,” ujar Marwan, Senin (27/8).

Marwan mengungkapkan, saat ini Unsyiah memiliki 132 program studi dan lebih sepertiganya telah terakreditasi A. Maka, dengan kehadiran mahasiswa baru ini di Unsyiah merupakan rahmat sekaligus kepercayaan yang bernilai bagi Unsyiah. 

Ia juga berharap, setiap mahasiswa tersebut nantinya bisa lulus dengan baik di kampus ini. Jika nantinya mereka memiliki kendala dalam keuangan, maka pihaknya akan menkomunikasikan dengan pihak Rektorat untuk dicarikan jalan keluarnya.

“Kita tidak ingin gara-gara masalah keuangan kalian tidak bisa lulus, jadi kalau ada masalah keuangan kita bicarakan saja. Unsyiah sangat terbuka untuk itu,” ujar dia.

Selain mendapatkan materi Bela Negara dan lainnya, para mahasiswa baru Unsyiah juga mendapatkan informasi seputar layanan yang tersedia di kampus dan kegiatan kemahasiswaan yang bisa mereka ikuti nantinya.

(mal/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up