JawaPos Radar

Kasus Zumi Zola Sudah Masuk Pengadilan

27/08/2018, 16:19 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Agus Rahardjo
Ketua KPK Agus Rahardjo (kiri) saat di Kampus UMS, Senin (27/8). (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Berkas kasus dugaan gratifikasi yang menjerat Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola sudah dilimpahkan ke pengadilan. Antara lain alat bukti dan berkas tuntutan. Termasuk nama-nama lain yang diduga terlibat kasus gratifikasi proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jambi.

"Siapa saja yg terlibat juga sudah disampaikan. Tinggal pengadilan akan memeriksa apa yang sudah dilakukan KPK," kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Senin (27/8).

Kini, KPK masih menunggu panggilan dari pihak Pengadilan Tidak Pidana Korupsi (Tipikor). Agus tidak menyebutkan kapan pemanggilan akan dimulai. Namun, dia memastikan pemanggilan akan dilayangkan kepada anak buahnya yang menangani kasus tersebut. "Pasti nanti dipanggil pengadilan dan ditanya terkait alat bukti yang disampaikan KPK untuk dilimpahkan ke pengadilan," terang Agus.

Sebelumnya diketahui, Zumi Zola diduga menerima gratifikasi sebesar Rp 44 miliar dan satu unit mobil Alphard. Zumi diduga membelanjakan sebesar Rp 52 juta dana gratifikasinya pada beberapa mainan action figure merk Marvel sejak Juni-November 2017.

Selain belanja, Zumi juga didakwa membagi-bagikan dana gratifikasi ke sejumlah koleganya. Salah satunya kepada Zumi Laza, adik kandungnya. Kemudian Rp 16 juta lainnya diduga dibagi-bagikan kepada belasan anggota DPRD Jambi.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up