alexametrics

Lengkap, Berkas Hakim ‘Nyabu’ Siap Dibawa ke Sidang

27 Agustus 2017, 13:02:00 WIB

JawaPos.com – Perkara Firman Affandy, oknum hakim yang tersangkut kasus narkoba masuk babak baru. Sedikit lagi, perkara yang mencoreng institusi kehakiman itu segera naik ke pengadilan.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung menyatakan, berkas Firman Affandy telah lengkap. Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Andi Hendra Jaya.

Ia menjelaskan, sebelumnya berkas Firman dinyatakan P19 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Penyebabnya, adanya kekurangan di syarat materi formil pada berkas perkara yang dikirim penyidik Satresnarkoba Polresta Bandarlampung. Pihaknya kemudian mengirimkan petunjuk ke penyidik untuk melengkapi berkas tersebut.

“Setelah kita koreksi ada kekurangan di persyaratan formil, tidak sampai materil,” jelas Andi di Kejari Bandarlampung seperti dikutip Radar Lampung (Jawa Pos Group), Minggu (27/8).

Kamis (24/8), pihaknya baru menerima berkas yang dikirim penyidik Satnarkoba Polresta Bandarlampung. Dari penelitian yang dilakukan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pihaknya menyatakan penyidik telah melengkapi petunjuk kekurangan formil pada berkas Firman Affandy.

“Ya berkasnya sudah kita nyatakan lengkap ya, saat ini kita tunggu tahap duanya dari penyidik,” sambungnya.

Terkait pelimpahan tahap dua, Andi belum bisa memastikan kapan tersangka berikut barang bukti dilakukan. Sebab, itu merupakan kewenangan penyidik. Terkait apakah nantinya Firman dilakukan penahanan, Andi menyerahkan sepenuhnya ke Jaksa Penuntut Umum yang memiliki kewenangan tersebut.

Rencananya, pihaknya akan membuat berkas rencana dakwaan (rendak) untuk nantinya segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Soal penunjukan tim Jaksa Penuntut Umum, Andi mengatakan tidak ada yang spesial dalam perkara Firman Affandy yang notabennya merupakan hakim. Sehingga tetap menggunakan jaksa penuntut umum Kejari Bandarlampung.

“Tidak lah, sama saja seperti kasus pidana umum lainnya. Ya secepatnya, mudah-mudahan pekan depan sudah kita limpahkan,” tuturnya.

Andi menjelaskan Firman akan dijerat dengan dua pasal yakni pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika.

Dibagian lain, Kasatnarkoba Polresta Bandarlampung Kompol Indra Harlianto Dannis mengatakan bakal melimpahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa pada Senin (28/8).

“Ya secepatnya lah, hari Senin (28/8) kita serahkan ke Jaksa untuk dilakukan penuntutan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Firman ditangkap oleh Satresnarkoba Polresta Bandarlampung dikediamannya di Jl. Wolter Monginsidi, Telukbetung Selatan, Jumat (14/7) lantaran kedapatan menggunakan narkotika jenis sabu-sabu. Mahkamah Agung sendiri telah menonaktifkan Firman dari tugasnya sebagai hakim di PN Liwa.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (nas/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Lengkap, Berkas Hakim ‘Nyabu’ Siap Dibawa ke Sidang