JawaPos Radar

Kebakaran Hutan di Tobasa, Api Tak Kunjung Padam

27/07/2018, 19:05 WIB | Editor: Budi Warsito
Kebakaran Hutan di Tobasa, Api Tak Kunjung Padam
Ilustrasi karhutla (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - 50 hektar kawasan hutan pinus di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) hangus dilahap api. Hingga saat ini, kebakaran masih terus terjadi, namun sudah mengalami penurunan.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Balige, Leonardo Sitorus mengatakan, petugas terbantu untuk memadamkan api karena hujan cukup deras yang turun pada Kamis (26/7) malam. Pun begitu, masih ada sisa bara dan api kecil yang belum padam.

"Petugas masih ada di lapangan saat ini. Pemadaman masih kita lakukan," katanya, Jumat (27/7) sore.

Ia melanjutnya, ratusan petugas gabungan diturunkan untuk melakukan proses pemadaman. Masyarakat termasuk personel TNI dan Polri juga ikut membantu pemadaman.

Kebakaran tersebut, sudah terjadi sejak Rabu (25/7) malam. Pemadaman terus dilakukan menggunakan seluruh armada pemadam yang ada. Meski telah dilakukan pemadaman, namun tim masih melakukan penyisiran hutan untuk mencari titik api. Tim juga melakukan pengukuran luasan hutan yang terbakar dibantu pihak PT Toba Pulp Lestari.

Api cepat merambat disinyalir karena yang terbakar adalah taman pinus. “Pohon pinus ini kan mengandung minyak, jadi kita duga ada kecenderungan lebih mudah terbakar,” jelas Leonardo.

Pantauan saat ini, cuaca di seputar Tobasa terpantau berawan. Leonardo berharap hujan akan turun sore ini sehingga membantu pemadaman. Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran. Polisi masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran itu.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up