JawaPos Radar

Tak Sentuh Masyarakat Bawah, DPR Tolak Subsidi Operasional LRT

27/06/2018, 13:17 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Tak Sentuh Masyarakat Bawah, DPR Tolak Subsidi Operasional LRT
Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono saat ditemui di Bandara SMB II Palembang (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Pembangunan LRT di Palembang terus menuai polemik. Dalam kunjungan kerja (Kunker) ke Palembang, Komisi V DPR RI mengancam akan menolak subsidi operasional LRT karena tidak memihak kepada masyarakat ke bawah.

Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono menilai bahwa pembangunan LRT tidak memihak kepada masyarakat kecil. Makanya, kata dia, untuk apa dilakukan subsidi. Mengingat subsidi hanya diperuntukan untuk rakyat miskin.

“LRT ini hanya untuk orang kaya, karena tidak tersambung ke terminal bis tempat orang miskin, dan lain sebagainya,” katanya saat ditemui di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Selasa (26/6).

Ia mengaku belum mengetahui apakah pengajuan subsidi ini telah dilakukan atau belum. Namun, ia berjanji akan menjadi orang pertama yang menolak subsidi ini. Apalagi, saat ini subsidi listrik yang seharusnya diperuntukan masyarakat miskin justru dihapuskan begitu juga subsidi BBM.

Ia menuturkan, LRT itu bukan suatu HUB jadi harus point to point ke terminal angkutan kota. Hal ini seperti di luar negeri. Namun,kenyataannya antara LRT dengan terminal angkot itu perlu berjalan.

“Saya memprediksi LRT ini sedikit penumpangnya, paling banyak itu hanya 50 persen. Lihat saja nantinya,” singkatnya

Seperti diketahui, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan mensubsidi operasional LRT di Sumsel. Dimana besaran subsidi mencapai Rp 129 miliar pada enam bulan pertama untuk gaji pegawai PT KAI sebagai operator, pemeliharaan termasuk tiketing atau tarif penggunaan LRT.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up