alexametrics

UMKM Jatim Bakal Jadi Vendor di Acara Pemprov

27 Mei 2022, 21:33:47 WIB

JawaPos.com–Presiden Joko Widodo minta pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah memprioritaskan pembelanjaan untuk produk dalam negeri. Arahan itu ditindaklanjuti dengan memerintahkan Biro Pengadaan Barang dan Jasa untuk inventarisasi produk dalam negeri menguntungkan pelaku UKM dan UMKM.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sebagian besar pelaku UKM dan UMKM menggunakan bahan baku dari dalam negeri. Mereka berpotensi sebagai vendor pemerintah. Produk tersebut bisa memenuhi spesifikasi yang diharapkan.

”Saya minta inventarisasi segera dilaksanakan,” ujar Khofifah, Jumat (27/2).

Penetapan produk disesuaikan dengan persyaratan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Artinya, pemahaman produk dalam negeri tidak sebatas lokasi produksi. Tapi, komposisi bahan baku yang digunakan. Komposisi TKDN akan muncul setelah ada pengecekan dan sertifikasi dari lembaga yang menangani.

Khofifah mengungkapkan, banyak produk UKM dan UMKM di Jawa Timur yang memiliki kualitas bagus. Karena itu, Biro Pengadaan Barang dan Jasa perlu melakukan survei. Dengan begitu, data produk dalam negeri lebih lengkap.

”Setelah itu, data lengkap pembelanjaan bisa dioptimalkan,” kata Khofifah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads