alexametrics

8 Ribu Sapi Positif PMK, Seribu Sapi Sembuh di Jatim

27 Mei 2022, 20:26:54 WIB

JawaPos.com–Berdasar data Posko Terpadu Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Hewan Ternak Pemprov Jatim per 24 Mei, sebanyak 8.794 sapi terjangkit PMK. Dari total tersebut, sebanyak 1.482 sapi telah dinyatakan sembuh dari PMK.

Sebaran kasus PMK di Jatim, 5 wilayah tercatat memiliki jumlah kasus PMK hewan ternak aktif yakni Lumajang dengan 1.595 kasus, Gresik 1.531 kasus, Mojokerto 1.175 kasus, Probolinggo 972 kasus, dan Sidoarjo 862 kasus. Kepala Pusvetma Surabaya Edi Budi Susila menyatakan, tim pakar telah siap memproduksi vaksin seperti arahan menteri pertanian.

”Pengembangan vaksin dilakukan dengan metode kultur jaringan untuk membuat vaksin inaktif (killed vaccine),” ujar Edi.

Vaksin tersebut, lanjut dia, merupakan jenis vaksin yang mengandung virus yang sudah dimatikan dengan suhu panas, radiasi, atau bahan kimia. Proses itu membuat virus tetap utuh, namun tidak mempunyai kemampuan untuk berkembang biak.

”Ini berfungsi untuk melindungi hewan ternak yang belum terjangkit dari penularan PMK. Untuk yang sudah terjangkit akan kami maksimalkan pengobatan dan perawatan,” ungkap Edi, Jumat (27/5).

Menurut dia, upaya edukasi bagi para peternak juga masif dilakukan dengan sinergi dari berbagai pihak. Di beberapa daerah masih ditemukan adanya petani yang tidak paham penanganan hewan ternak yang terindikasi tertular PMK.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads