alexametrics

20 Pengacara Siap Bela Gus Nur di Persidangan

27 April 2019, 10:54:14 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan ujaran kebencian dengan tersangka Sugi Nur Raharja alias Gus Nur memasuki babak baru. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) sudah melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Tak lama lagi, Gus Nur akan menjalani persidangan.

Kepala Kejati Jatim Sunarta menyatakan, jaksa sudah melimpahkan berkas tersebut sejak Rabu (24/4). Enam jaksa dari Kejati Jatim dan Kejari Surabaya ditunjuk sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara ini.

“Sudah kami limpahkan ke pengadilan. Tinggal menunggu penetapan majelis hakim dan jadwal sidang saja. Mungkin minggu depan sudah mulai sidang,” ujar Sunarta, Sabtu (27/4).

Jaksa akan berkoordinasi dengan pengadilan soal teknis persidangan Sugi. Terdakwa akan mendapatkan perlakuan khusus karena kasusnya menjadi perhatian publik.

“Dia memang tidak ditahan karena pasalnya tidak memungkinkan ditahan. Nanti teknisnya mungkin soal pengamanan. Karena diprediksi akan mendatangkan massa banyak,” tuturnya.

Pengacara Sugi, Andry Hermawan menyatakan bahwa kliennya sudah siap menjalani sidang pertama. “Kami penasihat hukum maupun Gus Nur sendiri siap menghadiri sidang pertama. Nanti kami siapkan 20 pengacara untuk membela Gus Nur,” ungkap Andry.

Sebelumnya, Gus Nur dilaporkan ke Polda Jatim atas dugaan penghinaan. Dia diduga telah menghina Nahdlatul Ulama (NU) dan Banser melalui video berdurasi 26 detik yang diunggah di media sosial. Sugi didakwa dengan Pasal 27 ayat 3 jo Pasal 45 ayat 3 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Lugas Wicaksono



Close Ads