alexametrics

Melunak, Pemkot Solo Tunda Penggusuran Warga Jebres hingga Juni

27 April 2018, 14:49:51 WIB

JawaPos.com – Pemkot Solo mulai melunak terkait penggusuran puluhan penghuni lahan hak pakai (HP) Pemkot Nomor 105 di Kecamatan Jebres. Pemkot memberikan kesempatan kepada warga sampai Juni atau usai Lebaran untuk menempati lahan tersebut.

Dan setelah itu, Pemkot akan tetap melakukan penggusuran dan meratakan bangunan menggunakan alat berat. 

“Kemarin ada warga yang menempati HP 105 datang ke saya dan meminta agar penggusuran ditunda sampai habis Lebaran atau Juni mendatang,” ungkap Rudy kepada JawaPos.com, Jumat (27/4).

Dengan pertimbangan sisi kemanusiaan, Rudy pun mengizinkan puluhan warga tersebut menempati lahan HP 105. Kesempatan tersebut hanya diberikan kepada warga terkait penempatan saja. 

Sementara untuk permohonan pengajuan sertifikat, Rudy menegaskan, hal itu tidak bisa dilakukan. Mengingat, lahan tersebut akan dipergunakan untuk perluasan Solo Techno Park (STP). Sehingga, Pemkot tidak bisa mengabulkan permintaan warga.

“Pemkot itu kurang apa, selama ini kami sudah memberikan kompensasi berupa ongkos bongkar dan juga angkut. Kemudian bagi warga yang tidak mempunyai rumah kami juga menyediakan Rusunawa. Tapi kalau sertifikat tidak bisa kami berikan,” ucapnya. 

Kepala Satpol PP Kota Solo, Sutarja menuturkan, pendekatan secara persuasif terus dilakukannya. Dirinya juga masih menahan pemberian surat peringatan (SP) 3 kepada warga. Padahal sejatinya SP 3 sudah diberikan pekan yang lalu.

“Sekarang sudah ada tujuh warga yang sudah setuju dengan pengosongan dan siap menerima kompensasi. Dan kami ingin melakukan pendekatan secara manusiawi kepada warga,” ujar Sutarja.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Melunak, Pemkot Solo Tunda Penggusuran Warga Jebres hingga Juni