alexametrics

Pembangunan Dikebut, Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Saat Arus Mudik

27 Maret 2019, 10:07:02 WIB

JawaPos.com – Pembangunan Tol Cisumdawu seksi 1 Jatinangor-Rancakalong dan seksi 2 Rancakalong-Sumedang terus dikebut. Ditargetkan secara keseluruhan pembangunan rampung pada 2020 mendatang.

Namun, khusus untuk seksi 2 Rancakalong-Sumedang diharapkan bisa digunakan saat arus mudik lebaran tahun ini. Karena progres pembangunannya sudah lebih banyak dibandingkan dengan sesi 1.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pembangunan tol sepanjang 28,80 kilometer yang merupakan porsi pemerintah menunjukan perkembangan signifikan.

Untuk seksi 2 ruas Rancakalong-Sumedang yang panjangnya 17,35 kilometer saat ini posisi terakhir pembebasan lahan sudah 92 persen dan konstruksinya pada posisi 81,71 persen. Terlebih dua terowongan kembar sudah selesai sepanjang 471 meter dari kiri ke kanan.

“Yang bisa dipakai lebaran, Rancakalong-Sumedang itu alternatif Cadas Pangeran bisa dilalui, bahkan mungkin sampai Cimalaka karena di situ macetnya,” kata Iwa, seperti dikutip dari RMOL Jabar (Jawa Pos Group), Rabu (27/3).

Meski belum dirasa memadai. Namun pihaknya menilai, jika dua ruas tol ini dikebut oleh pihak kontraktor maka kemungkinan menjadi jalur mudik sangat terbuka.

“Walaupun belum memadai tapi bisa dilalui itu kan sangat membantu apabila seksi 2 selesai saat Idul Fitri,” ucapnya.

Sementara itu, untuk seksi 1 saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 65,86 persen. Sedangkan proses pembangunan sudah dimulai dan konstruksi mencapai 14,26 persen.

Editor : Erna Martiyanti



Close Ads
Pembangunan Dikebut, Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Saat Arus Mudik